Aneka citra jenama Onta, dari progresive rock sampai kaus KW. Kok bisa ya?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Pagi tadi Spotify menyajikan pilihannya untuk saya dengan beragam lagu. Mesin dia memang suka sok tau, mirip pramuniaga toko CD, lalu bingung kalau ada konsumen mencari Waldjinah dan Neal Morse. Nah tadi, salah satu sodoran dia adalah lagu Camel, band progresive rock lawas, “Air Born”.

Saya tak membahas musik. “Air Born” dari album Moonmadness (1976), yang sampulnya tak menggunakan logo mirip sigaret Camel. Saya heran kenapa setidaknya dua kali Camel menggunakan logo rokok. Saya tak tahu urusan legal dan komersialnya bagaimana.

Citra sigaret cap Onta ini memang kuat. Di Indonesia, dulu, rokok ini masuk sebagai barang impor bersama misalnya Gitanes, John Player Special, Rothmans, Benson & Hedges, dan Lucky Strike.

Sebelum tatanan global membatasi rokok, dan kemudian juga di Indonesia, sekian gelaran olahraga melibatkan jenama rokok. Sejumlah tim Formula 1 mengusung merek rokok, salah satu yang terkenal adalah Marlboro. Tenis juga ditempeli promo rokok, dari Benson & Hedges sampai Virginia Slims.

Rokok cap Onta pernah menempel di mobil F1 Williams dan sebelumnya menjadi merek dominan di mobil tim Lotus yang berwarna kuning.

Tapi apa citra Camel di luar rokok yang kuat di Indonesia, justru ketika produknya belum dibikin dan dijual di sini oleh Japan Tobacco International? Camel Trophy atau bush rally yang diikuti oleh Land Rover dan saudaranya.

Reli keras bersama rawa-rawa, lintah, dan malaria ini dalam sehari bisa saja cuma berjalan lima kilometer. Wartawan yang akan meliput harus diuji fisiknya. Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan pernah menjadi lokasi reli dunia ini.

Lalu apa menariknya? Produk Camel Trophy, ori maupun KW, digemari. Paling mudah didapatkan adalah kaus hijau tua atau hitam serta baju lapangan berwarna khaki. Pemakainya merasa gagah.

¬ Bukan posting berbayar maupun titipan

5 thoughts on “Pesona cap Onta

  1. Barusan tau bhw ternyata Moonmadness pada 1976 pernah dibikin polling dibandingkan dgn a Trick of the Tail sbg album yg enak didengar.

    BTW andai dahulu kala sy tau bhw kaus produk Camel Trophy bisa bikin pemakainya merasa gagah, saya pasti akan beli, baik yg hijau tua maupun hitam 😬

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *