• Lama baca: < 1 menit →

Mural sontekan matematika di Sorong, Papua Barat

Istilah yang lebih sopan dan cerdas: shortcut. Jalan pintas. Lihatlah foto utama halaman depan Kompas hari ini. Mural di Sorong, Papua Barat, ini sungguh fungsional, pun ramah anak. Berisi kunci jawaban perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan.

Jika mengikuti prosedur operasional guru aritmatika dan matematika mestinya pipa landa, dari bahasa Jawa: ping para lan suda. Jadul banget. Itu era saya SD, tapi entah kenapa nilai berhitung dan matematika saya di ijazah SD adalah 4. Bukan aib bukan prestasi, bukan sulap bukan sihir. Nilai lain normal, malah ada yang 10.

Oh, mungkin karena saat saya SD, di kota kecil pula, tak ada mistar penggaris dengan kunci jawaban? Mungkin Anda yang lebih belia daripada saya pernah punya. Mistar kayu yang saya miliki setelah dewasa pun tanpa shortcut.

Pemilik BlogMemoaritmatika,berhitung,grafiti,kalkulator,matematika,mural,street art,swipoa,urban artIstilah yang lebih sopan dan cerdas: shortcut. Jalan pintas. Lihatlah foto utama halaman depan Kompas hari ini. Mural di Sorong, Papua Barat, ini sungguh fungsional, pun ramah anak. Berisi kunci jawaban perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan. Jika mengikuti prosedur operasional guru aritmatika dan matematika mestinya pipa landa, dari bahasa Jawa:...Suatu atau sebuah blog?