• Lama baca: < 1 menit →

Piring café Paris tanpa wajah bule

Sebuah piring porselen dengan lukisan Café Paris. Seseorang berkomentar, itu bukan wajah Prancis. Saya sih tak dapat membedakan wajah Prancis dan Swedia. Di sisi lain apa sih yang disebut wajah lokal? Mereka yang lebih dahulu menghuni sebuah kota dan menyertai bahkan membentuk perjalanan peradaban kota lebih lama?

Banyak kota telah berubah wajah. Lokalitas bisa menjadi hal yang berbeda dari asumsi orang luar. Hampir separuh penduduk (47,1 persen) Washington D.C., ibu kota Amerika Serikat, adalah Black American.

Jika menyangkut ciri-ciri fisik, kemasan visual sudah mulai menyesuaikan. Untuk dunia bisnis, bank foto berlatar masyarakat Amerika berisi aneka unsur rasial.

Lalu bagaimana wajah Indonesia? Mestinya Indonesia adalah gado-gado, campur aduk, karena nama Indonesia pun dari orang luar.

Pemilik BlogMemoantropometri,etnisitas,etnografi,gaya hidup,kafe,paris,rasialisme,rasisme,wajahSebuah piring porselen dengan lukisan Café Paris. Seseorang berkomentar, itu bukan wajah Prancis. Saya sih tak dapat membedakan wajah Prancis dan Swedia. Di sisi lain apa sih yang disebut wajah lokal? Mereka yang lebih dahulu menghuni sebuah kota dan menyertai bahkan membentuk perjalanan peradaban kota lebih lama? Banyak kota telah...Suatu atau sebuah blog?