Semuanya roti dan keju. Tapi kita tahu perbedaan padi dan beras. Kita punya kata "sawah" dan "gabah".
↻ Lama baca < 1 menit ↬

 Cerita roti kopi kenangan bukan bread story

Pagi tadi anak saya memesan kopi berikut roti. Merek rotinya membuat saya terkesan: Cerita Roti. Saya pun teringat jenama lain, yakni Bread Story. Tampaknya kedua brands itu tak bertaut.

Tentang roti, saya teringat bagaimana (dulu) orang Jawa menyebut apa pun yang dari gandum adalah roti. Maka ada roti kaleng cap Khong Guan. Lalu akhirnya orang terbiasa dengan sebutan biskuit. Sedangkan untuk kue (dari bahasa Hokkian), ada yang kering dan basah. Lalu bagaimana dengan pastry dan muffin?

Tak apa kalau kita kagok dengan makanan dan sumber pangan asing. Orang Inggris dulu menyebut padi dan beras itu rice. Lalu paddy pun dikenal, begitu pula paddy field dan rice field, karena segala urusan perberasan maupun perpadian bukan bagian dari pengalaman mereka sehingga mereka tak punya padanan kata untuk sawah. Lalu gabah mereka sebut unhulled rice.

Kita menyebut keju untuk semua jenis keju karena belum ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Lebih mudah dan sama-sama paham jika kita sebut dalam bahasa Inggris.

¬ Bukan posting berbayar maupun titipan

6 thoughts on “Cerita roti hari ini bukanlah bread story

  1. Ini semacam setiap sumber pangan yang berasal dari hewan adalah ‘iwak’ ya :)
    Soal kue dan roti ini pernah jadi pergunjingan antaraku dan istri. Aku, orang Jawa besar di Jawa, dan benar katamu, semua yang dari terigu adalah roti. Sementara istriku, besar di Jakarta, tahu dan bisa membedakan mana yang kue dan roti.

  2. urusan roti ini, di Jerman yang terkenal dengan begitu banyak jenis roti, bisa pusing sendiri dengan istilahnya..

    satu yang menarik, di Berlin ada istilah “berliner” yang bisa berarti “donat berisi selai”, lengkapnya “berliner pfannkuchen”.. bisa juga merujuk ke sebutan “warga berlin”..

    sementara di tempat lain, roti yang sama bisa berbeda penyebutan..

    makanya pas Presiden AS, John F. Kennedy berpidato dan bilang, “Ich bin ein Berliner”, jadi meme “aku sebuah donat”..

      1. konon ceritanya hamburger memang berasal dari Hamburg.. di Hamburg malah ada burger dengan isian daging ikan atau boga bahari segar lainnya..

        dan sebutan Hamburger untuk warga Hamburg juga masuk.. 😆

        burger dan bürger beda arti.. satunya makanan, satunya warga..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *