• Lama baca: < 1 menit →

Kaus t-shirt bekas kaum Kiri

Siapa sih kaum kiri? Jawabannya bisa simpang siur. Kalau mau sederhana dan ringkas, orang kiri itu orang sosialis – tapi ternyata aktif media sosial tidak bisa disebut sosialis maupun sosialita.

Jawaban lain yang laku, tapi bisa meleset: kiri adalah Marxis maka kiri berarti komunis. Karena komunis, orang kiri berarti musuh bagi agama – tepatnya: orang beragama.

Ketika merancang kaus ini saya teringat pastor, psikolog, dan kolumnis M.A.W. Brouwer yang pernah bercanda dalam sebuah tulisan, “Seseorang kalau di masa mudanya kiri, itu tanda dia punya hati. Kalau sampai tua tetap kiri, itu tanda dia tidak punya otak.”

Pemilik BlogGambardesain grafis,gerakan kiri,ideologi,kaus,komunisme,Marxisme,new left,romantisisme,slogan,sosialisme,t-shirtSiapa sih kaum kiri? Jawabannya bisa simpang siur. Kalau mau sederhana dan ringkas, orang kiri itu orang sosialis - tapi ternyata aktif media sosial tidak bisa disebut sosialis maupun sosialita. Jawaban lain yang laku, tapi bisa meleset: kiri adalah Marxis maka kiri berarti komunis. Karena komunis, orang kiri berarti musuh...Suatu atau sebuah blog?