↻ Lama baca < 1 menit ↬

KAMUS KECIL NAN BERFAEDAH.

Don’t (hesitate to) judge a book by its cover. Kemasan buku yang berstiker label ini sangat catchy, menggoda iman, dan menyeret dompet. Saya pernah mendengar tetapi baru kemarin melihat wujudnya, dan memegangnya, di toko buku.

Ternyata bagus. Sebuah kamus istilah brand dan branding yang ringkas dengan desain yang cantik. Sebagai hadiah boleh juga.

Ada ratusan istilah (saya ndak menghitung sih). Penjelasannya ringkas, dalam kalimat yang mudah dicerna. Secara umum penyuntingannya bagus. Kalau pembaca ingin tahu lebih banyak tentu harus membaca buku lain. Tetapi kalau mau sekadar kenal istilah, kamus ini memadai. Dalam kasus saya: bisa pura-pura paham kalau diajak ngobrol orang.

Tentu kekurangan kecil tetap ada. Maklumlah menulis buku tidaklah gampang. Butuh dukungan tim habis-habisan. Maka public relations muncul sebagai “public relation” (hal. 111). Adapun contoh private label Sonia Kashuk dari Target agak asing bagi kebanyakan orang Indonesia (hal 109). Kenapa bukan merek Pas dari Alfamart?

Untunglah di luar dua contoh itu bagus adanya. Ide dan kerja keras Mendiola B. Wiryawan layak diacungi dua jempol — kalau empat jempol, dengan melibatkan jari kaki karena saking semangatnya, tentu tidak sopan. Tidak semua orang telaten dan mau menyusun kamus karena pekerjaan itu lebih sulit ketimbang nge-Plurk. :D Mendiola melanjutkan langkah yang pernah diayun oleh munsyi Harimurti Kridalaksana (Kamus Istilah Periklanan Indonesia, 1996).

Tim desainer (Banueko Nirbito, Yomi Rahayu, dan Mendiola) layak dipuji. Dengan pendekatan inferior, pembaca bisa mengomentari buku dengan halaman berkertas krem dan berjaket kertas bungkus itu sebagai, “Busyet, buku Indonesia bisa dibikin gini? Kayak buku luar negeri aja!”

JUDUL: Kamus Brand: A-Z • PENULIS: Mendiola B. Wiryawan • DESAIN: Banueko Nirbito, Yomi Rahayu & Mendiola B. Wiryawan • PENERBIT: Red & White Publishing (Jakarta, 2008) • UKURAN: 12 cm x 17 cm • TEBAL: vi + 150 halaman • HARGA: Rp 99.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *