• Lama baca: 2 menit →

ITULAH POTRET KITA BERSAMA BENDA AJAIB.

buku ponsel benny & micePonsel itu barang mewah atau murah? Ya mewah, ya murah.

Mewah, jika untuk membelinya harus berpuasa ini dan itu sekian lama.

Murah, jika mendapatkannya tanpa tangis — syukur itu barang temuan atau hadiah (bisa juga hibah).

Pada penutup abad lalu dan pembuka abad ini tampaknya tak ada benda yang sefenomenal ponsel. Dari segi fungsi jelas penting, untuk komunikasi. Dari sisi gaya, nah ini dia bedanya ponsel dengan barang lain. Dia gemenggam eh handy, model dan fiturnya terus bertambah (kadang melebihi kebutuhan pemakainya), dan yang lebih penting lagi bisa dipamerkan.

Arloji mungkin bisa begitu, sebagai penunjuk waktu sekaligus barang fashion. Tapi secara umum arloji tidak bisa dipakai untuk berasyik-asyik sendiri — kecuali arloji digital yang ada macam-macamnya.

Ponsel bisa menjadi teman di kala kesepian atau bete di tengah antrean. Bisa buat nge-game, bisa but SMS, bisa juga buat menelepon layanan pelanggan yang bebas pulsa, lalu ngoceh belagu padahal di sana yang menerima mesin.

buku ponsel benny & mice

Sebagai barang handy, ponsel adalah produk yang mengalami penjejalan fungsi. Jika memungkinkan maka setrika dan penanak nasi, dan bahkan mesin cuci, pun mungkin akan dibenamkan ke dalamnya.

Sekarang, bagi sebagian kalangan, mudik hari raya yang setahun sekali harus disertai ponsel anyar. Akan aneh jika dari tahun ke tahun ponsel tak berganti, tapi arloji tak pernah ganti malah mengundang puji.

Nah, segala komedi tentang pemilikan ponsel itu dikemas oleh Benny dan Mice (sejoli jomblo sekelamin, tapi mengincar wanita) secara kartunal. Sebagian besar adalah isu lama, bahkan mungkin abadi, misalnya pasal gengsi, fakir pulsa, dan sejenisnya. Tapi, nah ini, mereka berdua berhasil banget merekam sketsa sosial ini dalam gambar. Detil, itulah salah satu kelebihan meraka.

Lantas isinya apa saja? Nggak seru kalau saya ceritakan ulang. Sebaiknya Anda membeli buku ini sebagai sebuah dokumen sosiologis kota besar Indonesia (maksud saya Jakarta). Kayaknya buku-buku Benny dan Mice (kecuali yang busway) itu layak untuk tambahan materi kelas bahasa Indonesia bagi orang asing.

buku ponsel benny & mice

JUDUL: Talk about Hape • PENULIS & PENGGAMBAR: Benny Rachmadi & Muh. “Mice” Misrad • PENERBIT: Nalar (Jakarta, 2008) • UKURAN: 15 cm x 21 cm • TEBAL: vi + 106 halaman • HARGA: Rp 30.000

Pemilik BlogKomedi IndonesiaLihat Baca DengarITULAH POTRET KITA BERSAMA BENDA AJAIB. Ponsel itu barang mewah atau murah? Ya mewah, ya murah. Mewah, jika untuk membelinya harus berpuasa ini dan itu sekian lama. Murah, jika mendapatkannya tanpa tangis -- syukur itu barang temuan atau hadiah (bisa juga hibah). Pada penutup abad lalu dan pembuka abad ini tampaknya...Suatu atau sebuah blog?