↻ Lama baca < 1 menit ↬

KEREN, TAPI SALAH PENEMPATAN BISA BERBAHAYA.

kursi kaki juntai

Di Pondokgede, ya wilayah saya, ada kedai baru. Seperti beberapa lainnya di banyak tempat, kedai yang satu ini juga senang jika ada kaki tersandung. Penyebabnya sederhana: kaki kurus kursi yang mengarah keluar padahal pandangan mata pengunjung lebih tertumbuk pada badan kursi.

Kesalahan desain? Untuk kursi: tidak. Untuk tata ruang: ya. Kursi macam itu tidak cocok untuk dipasang berdesakan.

Apakah saya tersandung? Untunglah kali itu tidak. Tapi beberapa pengunjung mengalami. Bahkan ada pramusaji yang juga tersandung kaki kursi (tepatnya: menyenggol). Untunglah tak ada minuman atau kuah panas menumpahi pengunjung.

Tentang kenyamanan dan keamanan kedai, sekarang mendingan. Mungkin karena para juragan mulai memanfaatkan desainer interior betulan.

Dulu, tahun 80-90-an, tak sedikit kedai yang mengabaikan itu. Saya tak tahu lantai kedai ayam goreng di basement Slipi Jaya Plaza, Jakarta Barat, itu dulu sudah menyandungi berapa orang. Ada perbedaan level tak sampai 10 cm yang tak bertanda visual. Pembawa nampan bisa terantuk dan jatuh.

Masih soal keamanan, masih saya jumpai beberapa gedung baru yang lupa memasang stiker atau film bertekstur sandblast pada dinding kaca. Ada saja orang yang selagi berjalan menabrak kaca jernih.

Ndeso? Salah sendiri? Kalau di rumah masing-masing ya salah sendiri. Tapi kalau di tempat lain, berupa bangunan (yang boleh diakses) publik, kayaknya yang ndeso itu ya yang punya gedung.

Meskipun begitu saya pernah punya gagasan kenthir waktu sekolah. Saya buat sketsa di buku tulis saya: asrama pasukan komando. Bentuknya seperti labirin untuk percobaan tikus. Setiap dinding diberi cermin. Hanya prajurit pilihan yang bisa lolos dari sana saban hari tanpa menabrak teman maupun dinding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *