Dalam kasus Kaesang dan Bobby, KPK itu bijak

KPK memberi opsi klarifikasi mandiri kepada Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution soal jet privat. Jalan tengah nan aman.

▒ Lama baca < 1 menit

Dalam kasus Kaesang dan Bobby, KPK itu bijak

KPK telah berlaku wicaksana dalam menangani kasus Kaesang Pangarep, dan kemudian abang iparnya, yakni Bobby Nasution, dengan memberikan opsi klarifikasi mandiri dan datang sendiri ke kantor Komisi. Tinggal pilih. Apalagi Kaesang sempat dilaporkan hilang.

Klarifikasi mereka perihal penggunaan jet privat bisa dilakukan secara mandiri melalui situs web KPK. Untuk datang sendiri ke KPK saat ini tentu sulit bagi mereka. Kenapa?

Kalau mereka mendatangi kantor KPK di Jakarta pada akhir pekan hanya akan bersua satpam. Bukankah pengertian “hadir langsung” itu berbeda dari “datang memenuhi panggilan yang sudah terjadwal”?

Soal lain adalah biaya perjalanan, siapakah yang harus menanggung? Jangankan dari luar Jakarta, saat harga tiket kapal terbang domestik mahal, karena biaya perjalanan di Jabodetabek pun tak murah.

Soal biaya perjalanan, dan kemungkinan reimbursement, ini penting bagi semua orang yang sedang ditunggu KPK. Mestinya apa pun moda transportasi yang dipakai, dari ojek sampai jet privat, harus diganti sesuai tanda bukti pembayaran.

Maka sekali lagi, KPK telah berlaku wicaksana. Jangan bikin repot kedua anak itu sekaligus terutama jangan bikin setori dengan bapaknya. Lebih aman dan nyaman menikmati peking duck daripada mengurusi hal yang dianggap lame duck — padahal belum tentu.

¬ Gambar praolah: akun Instagram Bobby Nasution

Tinggalkan Balasan