Memang ikan betah melek sampai mati. Tapi mereka mengenal istirahat tanpa terlelap, senantiasa waspada.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Ikan tidak tidur, cuma bersantai saja

Abaikan saja foto-foto tak tajam tentang ikan cupang dalam botol yang saya jepret kemarin dini hari pukul setengah dua. Kalau foto terbawah, dengan bidikan dari atas, saya ambil tadi pukul delapan malam. Jadi, kenapa saya memotret ikan selewat tengah malam, hah?

Karena iseng akibat terbangun lalu kancilan. Inti soal: saya sudah tahu ikan selalu melek, namun sejak kecil saya penasaran apakah ikan tidur, dan jika ya bagaimana caranya.

Ikan tidak tidur, cuma bersantai saja

Selama puluhan tahun, sampai saya tua, hal itu cuma jadi pertanyaan menggantung tanpa mencari tahu. Terlalu. Padahal internet bisa menjawab.

Ikan tidak tidur, cuma bersantai saja

Barusan saya cari jawaban. Dapat. Salah satunya dari National Ocean Service, bagian dari NOAA, milik pemerintah Amerika Serikat. Intinya ikan tidak tidur. Mereka hanya mengurangi aktivitas, metabolisme melambat, kadang diam atau bergerak pelan, namun tetap waspada terhadap ancaman.

Di bawah laut, rehat dapat mereka lakukan sambil berlindung misalnya di antara karang. Ada ikan yang nokturnal, dan ada yang diurnal.

Ikan tidak tidur, cuma bersantai saja

Oh, pantas ikan sering terlihat melek. Atau bahkan memang tidak bisa memejamkan mata maupun berkedip?

Ya, mata mereka tak berkelopak, tidak dapat berkedip, dan tidak bisa terpejam hingga mati. Namun mata mereka dilindungi oleh lapisan membran. Air membuat mereka tak perlu tetes mata.

3 thoughts on “Ikan tidak tidur, cuma bersantai saja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *