Getszemani: rokok kerukunan Kristiani dan Nahdliyin. Nama itu merujuk taman tempat Yesus ditangkap sebelum disalibkan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Getzemani: rokok kerukunan Kristiani dan Nahdliyin

Tempo hari saya bergurau bahwa rokok herbal dan sejenisnya merupakan kekompakan perokok Katolik dan NU. Kenapa? Rokok tersebut saya ketahui dari beberapa perokok tak saling kenal yang kebetulan Katolik, dan produsennya dari lingkungan Nahdliyin.

Nah, merek rokok kretek hasil kerja tangan ini unik: Getszemani. Ejaan dalam Alkitab Terjemahan Baru dan yang versi kedua (LAI, 2023) adalah Getsemani. Adapun bahasa Inggris menyebutnya Gethsemane, yang berhulu ke bahasa Aram dan Ibrani melalui bahasa Yunani dan Latin.

Getsemani adalah adalah nama taman di kaki Bukit Zaitun, luar kota Yerusalem. Di tempat itulah prajurit Romawi, dengan petunjuk jalan bernama Yudas, menangkap Yesus.

Getzemani: rokok kerukunan Kristiani dan Nahdliyin

“Gethsemane”, sebagai lagu yang dinyanyikan oleh Ian Gillan (Deep Purple) dalam opera rock Jesus Christ Superstar karya Andrew Lloyd Webber Dan Tim Rice (1970; film oleh Norman Jewison, 1973), sangat terkenal pada masa jaya classic rock, hingga kini banyak cover version-nya. Lagu itu berisi kegundahan Yesus.

Lalu hubungan rokok tanpa filter Getszemani dengan Taman Getsemani? Entah. Banyak rokok mencomot aneka jenama tanpa alasan yang diketahui konsumen. Ada yang bermerek Labaik. Ada pula Dubai. Keduanya dari Jatim. Namun jangan membawa rokok ke Makkah dan Madinah karena di sana dilarang. Sudah lebih dari sekali jemaah haji dari Indonesia ketahuan membawa rokok.

Jika menyangkut tembakau, di Betania, Yerusalem, ada perusahaan rokok Jerusalem Cigarette Company Ltd., pemegang sahamnya antara lain Alquds Investment Co. Ltd. dan Arab Investor Co. Ltd. Selebihnya, dalam persentase kecil, adalah sejumlah pebisnis Palestina. Merek rokoknya antara lain Jamal (¬ Wall Street Journal) — artinya unta, dalam bahasa Inggris disebut camel. (¬ arsip: Sigaret cap Jamal)

Getzemani: rokok kerukunan Kristiani dan Nahdliyin

Sebagai rokok, Getszemani ini dikemas modern. Diameter batang lebih ramping, seperti Esse, dengan kemasan beraksen biru muda aqua, dan tutupnya tak seperti rokok filter. Tanpa gambar peringatan bahaya tembakau, kemasan rokok ini bisa disangka permen.

Getzemani: rokok kerukunan Kristiani dan Nahdliyin

Getszemani terbikin oleh Sehat Tentrem , produsen aneka jenama rokok, yang didirikan Moch Subchi Azal Tsani alias MSAT alias Bechi dari Jombang, Jatim. Siapakah dia, sila lihat arsip CNN Indonesia.

¬ Bukan tulisan berbayar maupun titipan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *