Tap water fountain di Kota Lama Semarang tak berfungsi. Misalnya pun berfungsi, adakah jaminan dari sisi kesehatan?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Tap water fountain atau air minum muncrat di Kota Lama Semarang

Melihat baskom penampung sudah terisi air kotor, saya pun batal mencoba untuk memencet tombol. Langsung terbayang nyamuk bertelur di situ. Dan bukan hanya itu, tetapi juga higiene secara umum.

Saya tak tahu tap water fountain atau air minum muncrat untuk khalayak ini sempat berapa lama berfungsi. Misalnya rusaknya seminggu lalu mestinya sudah diperbaiki.

Untuk kawasan wisata semacam Kota Lama, Semarang, Jateng, respons terhadap keluhan mestinya tak kenal hari kerja. Kenapa? Pada hari libur dan akhir pekan justru ramai pengunjungnya. Misalnya Sabtu lalu (16/12/2023).

Oh, karena kita di negeri tropis, yang kemarau kemarin banyak debunya, lalu sebelumnya ada Covid-19, sehingga masyarakat enggan minum air muncrat, lebih suka membeli air dalam botol plastik? Mungkin.

Tetapi di negeri maju pun air minum mentah dari keran di rumah tangga diragukan dari sisi kesehatan, selain juga terdapat ketimpangan akses dan distribusi air dari sisi rasial. Di sisi lain, air minum dalam kemasan dari sisi lingkungan kurang baik (¬ The Conversation, 2021).

Tap water fountain atau air minum muncrat di Kota Lama Semarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *