Singapura punya toko produk kedaluwarsa yang layak konsumsi. Untuk mengurangi sampah makanan dan minuman.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Tebus murah Coke Rp1 belum kedaluwarsa

Tawaran tebus murah Coke dan minuman lain seharga Rp1 dari Alfagift ini bagi saya menarik karena menyebutkan “best before Nov 23”. Artinya batas waktu layak konsumsi masih sebulan lagi karena hari ini 23 Oktober.

Lalu saya pun teringat laporan Kompas beberapa hari lalu tentang toko penjual produk kedaluwarsa di Singapura. Namanya MoNo SG. Toko tersebut legal, bagian dari gerakan sosial untuk mengurangi sampah makanan dan minuman padahal masih layak konsumsi.

Minimarket produk kedaluwarsa tapi legal

Sebentar, makanan dan minuman sebelum kedaluwarsa, dalam arti sebelum “expire date“, ataukah sebelum “best before“? Dua istilah itu berbeda makna. Saya belum menemukan panduan dari YLKi, Kementerian Perdagangan, maupun Badan Perlindungan Konsumen Nasional. Maka silakan baca blog Blibli.

Apakah gaya toko tersebut dapat diterapkan di Indonesia? Setahu saya kepastian hukum di Singapura itu jelas, ada aturan dan penegakan. Artinya ada larangan berikut sanksi. Jadi produk selewat tanggal tetapi masih layak konsumsi pasti ada dasarnya.

Saya tak tahu apakah di Indonesia bisa begitu karena banyak hal dapat dikompromikan. Akar masalahnya adalah korupsi. Inti korupsi itu penyalahgunaan kekuasaan.

Minimarket produk kedaluwarsa tapi legal

Adapun suap, memperkaya diri dan atau orang lain dengan melanggar hukum, adalah bagian dari penyalahgunaan kekuasaan, bisa dengan maupun tanpa sogokan. Misalnya seorang paman, tetapi bukan Tyo, yang menjadi pejabat publik di bidang hukum lalu memberikan kemudahan untuk keponakan dengan mengubah aturan. Namanya adalah Paman Amat Umpak-umpakan alias Paman Asam Uratmalu atau apalah pokoknya punya inisial AU. Tetapi untuk “U” jangan membayangkan ucapan Butet Kartaredjasa.

Pasta kedaluwarsa itu saya konsumsi juga

Menghapus kedaluwarsa makanan, bisa didenda Rp2 M

Klip roti sudah 69 tahun

Tanggal 30 Februari. Anda Pernah Mengalami?

3 thoughts on “Beli produk kedaluwarsa, asal masih layak tak soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *