Karya Piet Mondrian berjejak di mana-mana. Banyak benda didekorasi dengan pola garis dan bidang warna-warni itu.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Gaya Mondrian di Erasmus Kuningan

Foto sepeda dalam acara Orange Goes Green, di Erasmus Huis, Kuningan, Jaksel, ini langsung mengingatkan saya kepada gaya geometris Piet Mondrian (1872—1944), pelukis Negeri Belanda.

Jingga adalah warna nasional Belanda, kebetulan wangsa yang berkuasa adalah Oranje (baca: oranye, sudah lama diserap oleh bahasa Indonesia). Namun dalam keseharian, juga perdagangan daring, kata “orange” (Inggris; sering terdengar “orén”) — bukan “oranye” — lebih kerap tersebutkan. Jarang orang mengucapkan “jingga”.

Karya Mondrian berjejak aplikatif di mana-mana. Banyak benda didekorasi dengan pola garis dan bidang warna-warni itu. Beberapa tahun silam saya pernah membuat infografik tentang gaya Mondrian namun barusan saya cari belum ketemu.

Aneka produk bertema Piet Mondrian

Di Google Arts and Cultures, salah satu lukisan Mondrian terpampang, bisa dibuat kartu pos digital. Namun sayang penerapan umum latar gambar, secara otomatis, mengganggu mata. Karena yang dominan adalah merah, maka latarnya pun senada. Ini memang penyakit platform dan aplikasi: warna latar otomatis bisa kalah indah dari latar putih dan abu-abu.

Karya Piet Mondrian di Google dengan warna latar kurang cocok

Apakah Anda memiliki barang dengan dekorasi merujuk Mondrian? Di lokapasar ada sejumlah penjual, sejak poster hingga kaus. Untuk Vespa Mondrian, hingga kini saya belum pernah melihatnya di Indonesia. Demikian pula untuk VW Kodok. Untuk skuter putih Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio tampaknya menarik.

Dekorasi RS Haji Jakarta dengan gaya Piet Mondrian

5 thoughts on “Gaya Mondrian di Erasmus Kuningan

  1. Owalah ini istilahnya “mondrian” ya. 🤔. Saya baru tahu Mas. Makasiy infonya ya Mas.

    Btw sependapat tentang art warna ini, kurang elok dipandang mata, terlalu ramai dan ngejreng ehehe. Tapi kembali lagi ke selera ya Mas 😊🙏

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *