Kalender modern dengan tambahan hari pasaran Jawa itu eksotis, apalagi berbahasa Inggris. Eh tapi kalau tak fungsional buat apa.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Siapa saja yang bikin kalender Wage Kliwon?

Saya sudah menerima kalender tahun ini, seperti tahun lalu, dari pemberi yang sama. Terima kasih.

Tentang kalender meja maupun dinding dengan hari pasaran Jawa, tahun lalu saya tulis, “Sebagai orang Jawa, sejauh ini saya hanya sering merujuk pasaran karena eksotis. Ada romantisisme sebatas permukaan. Kosmologi Jawa belum saya resapi.”

Kini saya berpikir, dari sepuluh kalender berdesain khusus untuk lembaga, termasuk perusahaan dan instansi pemerintah, berapa banyak yang menyertakan hari pasaran Jawa dan lainnya?

Yang saya maksud kalender berdesain khusus itu bukan kalender kodian yang menyisakan bidang polos untuk ditambahi nama pemesan.

Kalender komplet setidaknya memuat kalender Masehi dan Hijriah. Kalau kalender harian, yang setiap hari disobek, memang komplet pol.

Untuk kalender Islami, sebagai konten sekunder dalam kalender Masehi, semua orang butuh, apapun latar pemiliknya pasti membutuhkan, terutama saat Ramadan dan Idulfitri: memastikan tahun Hijriah. Jangan sampai keliru sebut tahun dalam ucapan hari raya, termasuk saat berpidato di RT dan kantor.

Siapa saja yang bikin kalender Wage Kliwon?

Kalender dengan Pahing, Pon, Wage, Kliwon…

Anda sudah punya kalender 2023?

Kalender ceria ala birokrat

Laporan hari ini: Saya sudah punya kalender

2 thoughts on “Siapa saja yang bikin kalender Wage Kliwon?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *