Indonesia rawan gempa. Ada 279 gempa di Jayapura, Papua, dalam dua hari. Soal faktor, pakar yang paham. Tapi rumah tahan gempa mestinya bisa dipraktikkan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

279 gempa di Jayapura, Papua, dalam dua hari

Tadi saat membersihkan gambar di ponsel saya temukan tangkapan latar berita Kompas tentang gempa di Jayapura, Papua. Ternyata itu berita dua hari lalu.

Lalu saya pun teringat ada draf tentang rumah tahan gempa. Saya tengok masih ada. Hanya judul. Saya lupa kenapa tulisan itu berhenti. Mungkin tersebab saya mengantuk, mungkin ada hal lain. Draf tersebut tersimpan pada 23 Desember tahun lalu. Belum ada sebulan sih.

Walakin demikian saya ingat niat membuat posting itu karena cuitan di Twitter.

Kemudian saya teringat konsep rumah tahan gempa dari Profesor Teddy Boen. Sila lihat laman tentang hal tersebut di blog Pak Teddy. Tersedia gambar beresolusi tinggi untuk Anda unduh.

Rumah tahan gempa Teddy Boen

Meski secara teknis saya tak paham benar, saya punya pertanyaan: pedoman sudah ada, kenapa pemda di wilayah rawan gempa tak mengingatkan warga?

Rumah tahan gempa Teddy Boen

Lagi-lagi ini soal penegakan aturan. IMB salah satunya. Teman saya yang pendiam tetapi sinis, bilang, “Jangan-jangan kepala daerah dan pejabat pemda yang berwenang nggak tau ada pedoman rumah tahan gempa.”

Saya berharap dia salah terka. Cuma suuzan dan asal tuduh.

Rumah tahan gempa Teddy Boen

Risiko gempa di selatan Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *