Daripada memasang poster besar jagalah kebersihan lebih baik memasang seni instalasi yang informatif. Semoga pesannya sampai.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Infografik instalasi lingkungan di Chandra Indah, Jatirahayu, Pondokmelati, Bekasi

Ini seni instalasi nan infografis (kata sifat). Atau infografik (kata benda) dalam rupa seni instalasi? Entahlah. Silakan Anda pilih. Tetapi kalau menerapkan prinsip infografis beneran, durasi keteruraian benda tak dapat divisualkan sebagai bagan karena perbandingan 450 tahun dan lima tahun terlalu jauh.

Tadi pagi menjelang pukul enam, setelah belok kanan di pertigaan itu sepeda saya hentikan. Mata saya tergoda oleh seni instalasi di Chandra Indah, Jatirahayu, Pondokmelati, Bekasi. Warna-warni. Informatif.

Sebagai penghias jalan barang ini boleh juga. Tetapi misalnya dianggap sebagai monumen, yang akan pudar pertama kali adalah cetakan pada kemasan wadah. Sedangkan keteruraian wadah biasanya diasumsikan jika barangnya di atas atau dalam tanah, atau malah dalam sungai dan laut.

Menunggu lima tahun itu bisa lama bisa sebentar. Seorang anak yang saat ini masih kelas enam SD, lima tahun lagi sudah kelas dua eh kelas sebelas SMA.

Menunggu 450 tahun untuk menyaksikan botol kaca terurai tentu terlalu lama. Memang hiasan ini bukan untuk mengajak orang menunggu dan membuktikan. Cukup membayangkan saja, dan yang lebih penting kemudian adalah warga lebih peduli sampah dan lingkungan.

Soal durasi keteruraian bahan kemasan silakan berdebat sambil berharap ada perubahan dalam produksi sebagai penerapan hasil riset.

Infografik instalasi lingkungan di Chandra Indah, Jatirahayu, Pondokmelati, Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *