Mengenang masa kecil bikin film kartun dengan bahan jadi berupa notes. Anda dulu juga bikin?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Notes mungil untuk belajar animasi gaya jadul

Saya temukan notes kecil berukuran 10 cm x 6,5 cm ini bersama kartu ucapan nontematik dari Leboye. Sebagai notes dia bisa ditulisi karena di halaman kanan ada bidang putih yang cukup, dan di halaman kiri putih polos.

Notes mungil untuk belajar animasi gaya jadul

Laku hubungannya dengan animasi? Sila lihat video di bawah ini.

Halah cuma gitu. Memang ini cara kuno sebelum ada komputer. Sekarang sih urusan animasi bisa beres dengan ponsel. Saya dulu waktu kecil harus membuat beberapa gambar pada tepian buku tulis supaya bisa menjadi gambar hidup mirip film kartun.

Notes mungil untuk belajar animasi gaya jadul

Jadi yang penting paham proses. Tahu bagaimana dahulu kala Walt Disney membuat film kartun Miki Tikus. Kalau ingin gerakan dalam film mulus, dalam satu detik setidaknya ada 24 bingkai gambar (fps; frames per second).

Notes tipis ini cuma berisi 30 lembar, kalau dihitung sebagai halaman ada 60. Tetapi 30 bingkai gambar tidak bisa saya plètrèk dalam sedetik. Kalau bisa pasti menarik.

Masih adakah permainan animasi kertas swakriya (do-it-yourself) macam ini sekarang? Notes ini bukan produk masa lampau, saya beli pada 2012 sebagai benda ala vintage. Hanya wong lawas abad lalu yang paham. Kasihan ya?

Mooi Indie, kartu ucapan yang tersisa

1 thought on “Notes mungil untuk belajar animasi gaya jadul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *