Kulit kayu secang bisa mencegah jerawat. Daun kelor bisa meluncurkan kekebalan. Itulah kandungan uwuh.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Wedang uwuh itu bukan wedang sampah, bagus untuk kesehatan

Tadi, pukul lima sore, sudah mulai agak gelap karena mendung, paket dari Solo datang, dikirim oleh Lik Jun. Suwun sanget, Lik. Isinya mangga dan ramuan wedang uwuh. Mangga saya matangkan dulu. Wedang uwuh segera saya bikin.

Wedang uwuh itu bukan wedang sampah, bagus untuk kesehatan

Ke dalam french press yang biasanya untuk membuat minuman kopi giling sendiri saya tuangkan serutan kulit pohon secang atau sepang (Biancaea sappan), jahe, daun cengkih, dan daun kelor (Moringa oleifera) yang semuanya kering. Gula batu yang tesertakan dalam kemasan tak saya masukkan karena wedang uwuh tidak pahit.

Kenapa disebut wedang uwuh, padahal uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah kering? Sebelum ada plastik, pengotor pekarangan adalah guguran daun kering. Di luar itu, termasuk gedebok basah, adalah larahan, artinya sampah. Secara bergurau orang Jawa menyamakan ramuan minuman terbahas ini uwuh.

Wedang uwuh itu bukan wedang sampah, bagus untuk kesehatan

Seperti saya katakan, minuman kemerahan ini tidak pahit. Malah saya merasakannya manis. Salah satu khasiat secang adalah mencegah jerawat (¬ Halodoc). Adapun daun kelor, yang sering dibandingkan dengan luas dunia, antara lain berkhasiat menurunkan gula darah dan melancarkan ASI (¬ Alodokter).

Di luar urusan kesehatan, daun kelor dipercaya dapat memudarkan ilmu kebal. Saat warga menggebuki maling tetapi si korban tampak biasa saja biasanya ada yang berinisiatif menyabetkan daun kelor — kalau ada pohonnya. Polisi pun percaya kekuatan daun kelor (¬ Detik).

Entahlah apakah daun kelor bisa mengauskan kekebalan hukum dan kekebalan diplomatik.

Wedang uwuh itu bukan wedang sampah, bagus untuk kesehatan

Bersalam pagi boleh tanpa permisi

8 thoughts on “Wedang uwuh itu bukan wedang sampah

  1. Ahahahaha wah hebat sekali benefit daun kelor, bisa memudarkan ilmu kebal, sampai Pak Polisi pun percaya dengan kekuatan ini. Saya baru tahu mengenai ini. Saya rutin mengkonsumsi daun kelor untuk memelihara kesehatan.

    Ohya, saya belum pernah nemu minuman wedang uwuh yang bikin enak badan, kenapa malah seringnya jadi pusing ya. Harus saya analisis lebih lanjut bagian daun yang mana yang bikin saya pusing.

    Terima kasih atas artikelnya, Mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *