Kota yang genah menyediakan air bersih untuk setiap warga. Air tanah harus terkelola baik. Tak setiap orang bikin sumur.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Mencari sumber air untuk sumur

Saat melihat video di Instagram, tentang cara menemukan sumber air untuk membuat sumur, saya pun teringat masa kecil. Saat itu, di Salatiga, Jateng, saya masih sembilan tahun, mencoba alat yang mirip setang sepeda mini itu.

Alat itu dibawa oleh sejawat bapak saya. Uji coba dilakukan malam hari di halaman samping dan depan rumah kami, karena dia bertamu malam. Saya ingat, pada garis langkah tertentu alat di tangan saya itu bergerak cepat.

Tadi setelah melihat video di IG, saya mencari alat tersebut di lokapasar. Ada beberapa. Gambar orang yang menjadi model sama. Akhirnya saya temukan sosok itu di YouTube, namanya Timotius Sukarman.

Mencari sumber air untuk sumur

Lalu dari Suara Merdeka saya dapatkan arsip tentang alat serupa. Kini saya membayangkan alat macam itu akan lebih mudah dioperasikan di atas lahan kosong.

Uji coba waktu saya bocah, ada indikasi di bawah rumah tembus ke bawah halaman ada semacam sungai bawah tanah. Tidak bagus untuk kesehatan bapak saya, kata orang.

Karena saya suka blusukan, saya tahu bahwa di seberang rumah ada jalan setapak, diapit pagar rumah, menuju kali. Dari tebing kali di ujung lorong itu air mengalir, masuk ke kali.

https://www.instagram.com/reel/Ci-Dg46hGjT/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Cerita masa kecil yang pernah saya dengar dari Bapak, petani memastikan titik gali sumur setelah mendapatkan pertanda dari tempurung kelapa yang ditengkurapkan semalam. Dalam blog Arafuru, info itu juga ada.

Lalu apakah di halaman rumah di Salatiga itu dibangun sumur? Tidak. Kami berlangganan PDAM. Dahulu di kota kecil itu air PAM lumayan menjangkau rumah tangga. Banyak rumah di perkampungan yang belum terjangkau listrik tetapi sudah teraliri air PDAM.

Tentang mencari titik gali atau bor sumur, saya tidak tahu manakah yang lebih mangkus dan sangkil antara cara sederhana dengan batang logam, dan cara canggih, misalnya oleh perusahaan survei dan pengebor sumur macam PT Survei Bumi Sejahtera.

Mencari sumber air untuk sumur

Mungkin tergantung kontur wilayah juga. Di perbukitan, seperti di Gombel dan Jangli, Semarang, Jateng, tak cukup dengan alat manual batangan mirip setang.

¬ Bukan posting berbayar maupun titipan

Gerobak air dalam jeriken @ Rp4.000

NPL: Bisnis Al-Baghdadi di Bekasi (2014)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *