Apakah Anda merasa para penyedia platform menggunakan ilmu Tom Sawyer, dan kita pun jadi Tom yang lain?
↻ Lama baca 2 menit ↬

Me nyirami tanaman pagi hari dan teringat Tom Sawyer

Dunia anak adalah dunia bermain. Maka kadang mereka ingin mencoba hal yang dilakukan orang dewasa, misalnya menyirami tanaman, karena bisa bermain air. Tetapi seorang ayah muda mengeluh, hanya sekali anak cowoknya, kelas dua SD, mau menyirami kecuali kalau ditemani, terutama oleh anak lain, lalu di mana-mana basah becek.

Saya teringat hal itu saat pagi tadi menyirami tanaman pagar. Waktu bocah saya juga ingin mencoba bertukang, merasakan “gergaji come to you come to me” dan mencopot roda sepeda. Kalaupun terwujud pasti saya akan bosan.

Me nyirami tanaman pagi hari dan teringat Tom Sawyer

Jemu terhadap suatu permainan itu bawaan semua orang, termasuk anak. Sepanjang masih menyenangkan, anak kecil maupun orang dewasa akan memainkan.

Namanya anak, meskipun masih kecil mereka akhirnya akan tahu jika dimanipulasi. Dalam kasus menyirami tanaman, bermain air adalah yang utama. Soal kesehatan tanaman itu nomor sekian.

Berbeda masalahnya jika tersedia imbalan, dari uang jajan sampai diajak pergi. Orang dewasa juga begitu, tetapi sudah dapat membedakan mana yang kepuasan batin dan mana yang thank you saja tak cukup apalagi jika pihak lain dapat untung besar.

Tanpa ideologi ini dan itu pun setiap orang tak mau dieksploitasi. Tetapi jika menyangkut pekerjaan anak yang bisa disetel seperti permainan, saya teringat akal bulus Tom Sawyer.

Dia memanipulasi teman-temannya bahwa pekerjaan mengecat pagar, karena disuruh bibinya, itu sebuah permainan hebat, bukan untuk semua anak. Lalu teman-temannya bekerja untuknya, dengan membayar.

Buku Tom Sawyer Pustaka Jaya

Versi saduran kisah klasik ini ada di Kidoinfo. Dulu waktu bocah saya membaca versi terjemahan karya Mark Twain itu dari terbitan Pustaka Jaya. Mengasyikkan.

Apakah Anda merasa para penyedia platform, termasuk layanan ngeblog, menggunakan ilmu Tom Sawyer? Trio Kanada Rush mengatakan…

The world is, the world is
Love and life are deep
Maybe as his skies are wide
Today’s Tom Sawyer, he gets high on you
And the space he invades, he gets by on you

No, his mind is not for rent
To any god or government
Always hopeful, yet discontent
He knows changes aren’t permanent
But change is

And what you say about his company
Is what you say about society
Catch the witness, catch the wit
Catch the spirit, catch the spit

Lalu? Pembuat konten yang tahu cara mendapatkan uang dari memanfaatkan platform adalah orang cerdas dan cerdik, tak mau jadi kawan Tom Sawyer yang cuma dapat keasyikan.

Me nyirami tanaman pagi hari dan teringat Tom Sawyer

Menyirami malam hari dan lamunan ihwal jalan sepi

Gergaji jenis come to you come to me

8 thoughts on “Belum tentu anak suka pekerjaan yang seperti bermain

  1. buka masa kecil saya itu mas, waktu masih di ciputat, sekarang tinggal di Sleman Yogya… Kok sama suka Porg Rock :) termasuk penggemar berat Pink Floyd . dulu waktu main ke rumah mas sepupu saya di BSD Tangsel (Bobby AFW Floyd) lengkap banget koleksinya. salam kenal mas.
    ngomen sambil dengerin Coming Back To Life by. PF

  2. Tom Sawyer yang buku, abad lalu saya juga baca terbitan Pustaka Jaya.

    Tom Sawyer yang lagu, masih ada dalam hardisk eksternal saya bersama lagu-lagu lain Rush, versi album maupun live. Bercampur dengan lagu-lagu Pink Floyd, Genesis, Rod Stewart, dan entah siapa lagi.

    Tentang layanan ngeblog, saya cuma dapat keasyikan….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *