↻ Lama baca < 1 menit ↬

Menyembuhkan ponsel sakit dengar ditampari lalu dimasukkan freezer

Pagi tadi ponsel saya ngadat. Layar byarpet, lebih banyak hitamnya, tetapi kalau saya ketuk kadang ada respon. Maka ketika layar menyala satu sampai tiga detik, ada ketikan panjang dalam isian password.

Saya mencoblosi melakukan reset, termasuk factory reset, tetapi kalau layar hitam, meskipun saya sempat mengeklik “next” tetap saja proses berhentilah. Saya sempat masygul, kalau konektor ke LCD yang bermasalah karena kecapaian, ya sudah, saya tak punya ponsel.

Saya cari aneka panduan tak ada yang mujarab. Akhirnya dari tablet saat saya temukan panduan di YouTube. Ada tiga hal menarik. Pertama: ketuklah tombol power seperti sedang gemas. Kedua: tamparlah layar dan punggung ponsel — ditapuki, kata wong Jawa.

Ketiga: masukanlah ponsel ke dalam freezer selama beberapa menit. Saya membiarkannya hampir lima belas menit. Walhasil setelah itu ponsel bisa menyala kemudian saya melakukan factory reset.

Kerepotan berikutnya mengurusi aplikasi dan data lain karena smart switch tidak mungkin. Isi tablet dan ponsel berbeda. Seharian saya mengurusi itu.

¬ Foto dari Mobile Tech Addict karena tadi saya baru tahu, kamera tablet tak berfungsi