"Cibubur on My Mind" terjadi di banyak kota. Bukan soal romantis mendayunya tapi nama wilayah.
↻ Lama baca 2 menit ↬

Berkemah bersama anak di Cibubur, Jaktim

Kemarin ada kecelakaan di Cibubur. Truk tangki BBM blong rem, menabrak kendaraan, korban jiwa sepuluh orang. Saya ditanya kerabat di Jateng, Cibubur itu di Jaktim ataukah Bekasi, karena berita menyebutkan kecelakaan di Kota Bekasi. Setahu dia Cibubur juga ada di wilayah Bogor, entah kabupaten ataukah kota.

Dulu waktu saya bocah, nama Cibubur di Jakarta Timur saya kenal dari berita sebagai tempat jambore Pramuka. Setelah saya dewasa dan bekerja di Ibu Kota, saya jadi tahu bahwa Cibubur sudah melebar. Teman saya tempat bermukimnya termasuk wilayah Depok selalu bilang tinggal di Cibubur.

Teman saya bukan ingin bergaya. Ketika dia membeli rumah, pengembang menyebut lokasinya di Cibubur. Alamat pos juga memuat kata Cibubur langsung kode pos. Saat itu belum ada Google Maps yang diaplikasikan untuk platform lokapasar.

Lalu Cibubur terus mekar. Peta administratif wilayah dan peta persepsional khalayak bisa berbeda. Ada bagian Cibubur yang ikut Kabupaten Bogor. Ada yang ikut Kota Bekasi. Ada yang ikut Kota Depok. Ada yang termasuk Jaktim, ini yang tulen atau asali, yakni nama sebuah kelurahan di Kecamatan Ciracas. Jika dijadikan lagu, judulnya bisa dipaksakan sebagai “Cibubur on My Mind” — merujuk “Georgia on My Mind” hanya dari sisi nama tempat, bukan liriknya.

Silakan cek semua tetenger (landmarks) yang ada di Cibubur di Google Maps, dari kompleks hunian, mal, sampai kedai. Secara administratif, lokasi domisili tempat bisa berbeda kota, kabupaten, dan provinsi. Ibarat bus siang maupun malam, itu adalah AKAP.

Kecelakaan kemarin terjadi di seberang CBD Citra Grand, yakni di depan Jakarta Eye Center, sehingga lokasinya dianggap di wilayah Jatikarya, Jatisampurna, Kota Bekasi. Adapun Citra Grand ada di Jatirangga, Jatisampurna, Kab. Bogor. Pembatasnya adalah Jalan Arteri Transyogi, mengabadikan nama Yogie S. Memet, yang membangun jalan raya Cibubur-Jonggol saat dia menjadi Gubernur Jabar (1985—1993).

Kasus “Cibubur on My Mind” ini terjadi di banyak kota. Pertumbuhan area hunian ke pinggir kota mengacaukan pemahaman spasial khalayak. Untuk kepentingan pemasaran, pengembang mencantolkan label pada nama wilayah tetangga yang lebih dikenal. Bukan karena mereka ingin menipu, tetapi semata demi kemudahan dalam komunikasi pemasaran. Untuk properti, calon pembeli pasti menengok lokasi.

Wilayah baru di pinggiran kota Anda pasti ada yang membingungkan dari sisi posisi administratif jika dibandingkan dengan persepsi di benak Anda dan orang lain. Di Jogja, mana wilayah Sleman dan Bantul di Jalan Raya Godean mungkin hanya penting untuk berurusan dengan birokrasi. Di Solo, bagi orang luar kota tak penting Bandara Adi Sumarmo ikut Kab. Boyolali atau Kota Surakarta. Yang penting sampai. Semua sopir taksi tahu.

¬ Foto-foto: akun Twitter @Bupertagoaction

Nama jalan berubah, warga santai saja

2 thoughts on “Cibubur itu di mana?

    1. Sebenarnya setelah ada Google Maps, pekerjaan orang media lebih enak. Setiap pemkot dan pemkab juga punya situs, di dalamnya ada info wilayah.

      Dulu saat tenggat bisa terjadi editor tentu sudah paham wilayah teriak menanyai anak buah, “Hoiii Senayan di (Jakarta) Pusat atau Selatan? Mangga Dua ada yang di Pusat dan Utara tuh!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *