Yeah, berbuat adil terhadap diri sendiri dan pihak lain memang sulit. Aneh jika perusahaan juga ikutan.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

“Berat Oom jadi freelancer grafis masih hijau gini. Tapi ya harus dijalanin, kan semua desainer mateng dulunya juga culun,” kata Cindy Candy Permenmint.

“Ya bagus itu, Ndhuk. Menghayati proses,” sahut Kamso sok bijak — tepatnya: bijaksini.

“Lantas masalahmu sebagai freelancer apa?”

“Belum hoki, Oom. Pasarnya rapet. Lah sebelumnya kan aku baru kerja tetap enam bulan, eh kena PHK karena pandemi. Yang sebel buat freelancer tuh ada clients nggak mau tahu kita pake software kan bayar, nyewa. Ada clients yang anggap kita tuh pake bajakan, Oom! Malah di agensi dulu cuma aku yang pake ori, kantor nggak peduli. Temenku di agensi lain juga bilang gitu. Masa pake software buat nyari duit gitu caranya?”

“Bukannya emang gitu iklimnya? Padahal cara sewa Adobe kan relatif murah, sayang nggak bisa dibayar pake Gopay. ”

“Eh, apa Oom? Iklim? Ya, bener. Nggak dikit tuh teman fotografer suka pake bajakan. Alasannya udah di-install orang kios servis di ITC mana atau mal mana gitu. Mereka bilang, bukan salah pemilik komputer dong.”

“Hehehehe….”

“Tapi Oom, desainer sama fotografer yang doyan software bajakan kenapa marah kalo karyanya dibajak?”

“Lah karya kan diliat sebagai barang jadi, bukan dibuat pake alat legal apa nggak, Ndhuk.”

“Itu namanya mau menang sendiri, Oom. Pake bajakan mau, tapi kalo dibajak ogah. Payah! Malah ada yang nggak malu bilang kalo pembajak foto dan desain mereka itu mencuri hak ekonomi orang lain. Lah orang yang bikin software kan juga punya hak ekonomi?”

“Hmmm…”

“Ada lho desainer merangkap fotografer, eh apa sebaliknya ya, yang suka ngembat aset tanpa mau peduli ada varian dalam Creative Commons, bahkan nggak peduli itu apa. Pokoknya kalo free ya free. Kalo nggak ada watermark berarti free.”

“Oh, gitu? Masa sih?”

¬ Gambar praolah: Shutterstock

3 thoughts on “Pakai aplikasi bajakan tapi ogah dibajak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *