Istana Mini Banda Neira akan jadi istana kepresidenan. Manakah istana di luar Jakarta dan Bogor yang paling sering dipakai?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Istana Mini di Banda Neira akan jadi istana kepresidenan

“Kenapa Jokowi nambah istana presiden lagi, Pak?” tanya Tumini Cooper.

“Yang saya baru denger, emang ada rencana gitu dari Hilmar Farid. Istana Mini di Banda Neira akan dijadikan istana kepresidenan. Kalo bener, berarti bakal ada sembilan istana kepresidenan.”

“Lha kan dua tahun lagi Jokowi selesai. Udah dua jilid ya udah, ngapain bikin hal nggak penting. Entar di ibu kota baru juga ada. Bisa ada delapan dong!”

“Ya bukan buat dialah. Buat presiden selanjutnya. Kalo buat dia sendiri ya harus pake duit sendiri, sekalian museum, yang megah, di desa.”

“Emang presiden siapa aja sering ke daerah yang ada istananya? Ya buat berlibur, resepsi nikahin anak, bikin acara, buat kantor selama kunjungan daerah. Kalo dipake tempat tinggal kayak di Bogor okelah. Kepake terus.”

“Wah ndak tahu, Tum. Coba cari data, selama dua puluh tahun terakhir, istana mana aja di daerah yang pernah dipake presiden.”

“Nah itu dia!”

“Tapi Indonesia kan luas, kalo sebulan sekali presiden siapapun harus ngantor di daerah, malah ngabisin ongkos. Belum tentu produktif juga. Emang sih sebagai cagar budaya yang terawat mestinya berfungsi bukan cuma sebagai tempat wisata tapi buat lainnya…

“Biar nggak angker ya, Pak?”

“Kalo nggak terawat ya angker. Pengunjung dan tamu harus jaga kebersihan. Kalo nyampah sembarangan didenda jutaan plus push up.”

¬ Gambar praolah: Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya Kemendikbud Ristek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *