Rumah panggung orang Bajo kini punya sertifikat tanah. Kalau rumah yang tersapu tsunami di tempat lain, bagaimana sertifikatnya?
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Rumah Kampung Bajo di Wakatobi punya sertifikat tanah

Karena saya tak rajin mengikuti info seputar reforma agraria, hari ini saya gumun tersebab berita: 525 rumah orang Bajo di Wakatobi, Sultra, telah beroleh sertifikat tanah dengan status hak guna bangunan (HGB), bukan hak milik (HM). Sebelumnya? Rumah-rumah panggung di atas perairan pantai itu tak bersertifikat.

Kampung Mola yang terdiri atas lima desa itu terbentuk mulai 1950-an saat orang-orang suku Bajo menyingkir dari daratan karena konflik dua masyarakat lain.

Oh, sertifikat. Empat tahun silam ketika terjadi gempa, likuefaksi (pencairan tanah), banjir, dan tsunami di Sulteng, rumah orangtua sejawat di pantai Palu tersapu habis tanpa bekas, termasuk batas lahan. Saya pun menanya soal sertifikat tanah nantinya bagaimana, dan dia bilang, “Nah itu dia. Nggak tau kita.” Ternyata tahun ini secara bertahap sudah terbit (¬ Antara Sulteng).

Rumah Kampung Bajo di Wakatobi punya sertifikat tanah

Untuk korban tsunami Aceh 2004, dua tahun lalu ada berita Pemkab Aceh Timur sudah menyerahkan sertifikat tanah di kampung asal kepada 65 warga yang mengungsi (¬ Berita Dinas Pertanahan Aceh Timur).

Sedangkan bagi warga korban abrasi di Pantura Jawa, yang rumahnya terendam air laut, bukan berdiri di atas air laut, misalnya di Muara Gembong, Bekasi, Jabar, dan Sayung, Demak, Jateng (¬ Tirto-Storigraf), dalam pengandaian saya sertifikat tanah masih diakui meskipun ada bangunan yang sudah ditinggalkan.

Abrasi Pantura Jawa di Sayung, Demak, Jateng

Sama-sama berumah di atas air, kasus Pantura Jawa dan Wakatobi berbeda. Sedangkan di Palu dan Donggala serta Aceh, rumah sama-sama tersapu air bah. Saya membayangkan alangkah repotnya pemetaan untuk kepentingan agraria dan tata ruang tanpa satelit.

2 thoughts on “Rumah di atas laut punya sertifikat tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *