Paradoks tetap terjadi justru ketika informasi berlimpah dalam ponsel.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

simbol pada wadah plastik untuk makanan

Sebelum internet ada dalam genggaman, apalagi saat informasi digital hanya ada di desktop dan laptop, info untuk konsumen makanan hanya ada di majalah dan tabloid wanita. Tak semua orang dapat mengakses.

Kini ada media sosial. Semua info ada di ponsel. Tetapi tak semua orang hirau tentang, misalnya, informasi kontainer yang layak dan sehat untuk makanan. Penjelasan ringkas ihwal bahan polypropylene PP5 sila lihat di Alodokter.

Ihwal ikon yang dipasang pada pantat kemasan, lama kelamaan konsumen terbiasa, dari food grade, siap frezeer, sampai siap microwave oven. Hal sama berlaku untuk wadah keramik, biasanya ada tambahan dishwasher save. Di sebuah kantor saya pernah menjumpai mangkuk pecah dalam microwave oven. Isinya tumpah di dalam.

“Tapi tulisannya di pantat wadah, buat ngeliat kan harus ngangkat wadahnya, Pak? Kalo dimiringin, isinya tumpah dong. Gini aja deh, percaya ama yang jual makanan,” kata seorang ibu rumah tangga tentang kontainer plastik. Kayaknya saya juga begitu, padahal saya gagap pakai microwave oven.

Keramik, tembikar, porselen, stoneware, earthenware, chinaware…

Sendok bebek, sendok Cina, sendok sup

4 thoughts on “Jadi, wadah plastik yang paling sip itu apa?

  1. Wadah plastik paling sip bagi saya bikinan Tupperware. Eh, tapi itu termasuk plastik apa bukan?

    BTW saya belum pernah lihat ikon di pantat kemasan seperti dalam foto Paman, mungkin karena saya abai, atau karena memang belum pernah nemu barangnya.

  2. saya pernah begini.. wadah plastik mleyot di dalam dishwasher.. padahal ada wadah plastik lain aman.. rupanya meski “sama-sama plastik” tapi beda material.. dan salahnya ngga lihat tanda begini..

    intinya, agar aman, kalo ngga liat ada tandanya, berarti gak bisa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *