Bagi koran kecil, dengan tiras dan pendapatan cekak, masalah konten visual bukan melulu soal desain grafis.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Infografik Mandalika dua halaman koran Kompas

Memang inilah yang mestinya dilakukan koran cetak mana pun. Kompas punya halaman gede, maka untuk berita Sirkuit Mandalika, NTB, hari ini (16/3/2022) dimuatlah infografik dua halaman.

Dari sisi pengerjaan, asal ada orangnya, dan perusahaan mampu-serta-mau menggaji, untuk topik semacam Mandalika saya berpengandaian tak sulit. Bahan sudah ada, rencana tayang bisa dibikin dua minggu sebelumnya bahkan lebih.

Infografik Mandalika dua halaman koran Kompas

Artinya pengerjaan rancangan awal hingga eksekusi tata letak ada waktu. Saat terakhir sebelum tenggat tinggal pemutakhiran data. Kepala produksi tidak cenat-cenut karena ini bukan berita dadakan.

Begitulah, di atas kertas, itu pun dalam benak, kasus macam infografik ini bisa dibilang cincai — maksud saya tak hanya untuk topik Mandalika. Padahal urusannya tidak simpel, dan justru di luar masalah grafis.

Infografik Mandalika dua halaman koran Kompas

Kini berapa koran cetak yang masih bertahan, dengan tiras berapa, apalagi koran daerah? Belum lagi ketersediaan SDM urusan visual di redaksi. Kelelahan awak redaksi belum tentu disambut dengan kenaikan penjualan eceran edisi berinfografik.

Dari sudut pragmatis, tentu masuk akal jika muncul pikiran, bisa saja sebuah koran kecil menyajikan infografik keren dua halaman di depan tembus belakang, bahkan tambah spread di dalam, asalkan ada yang menaja. Ada sponsor tunggal. Dengan nilai pembelian ruang sesuai rate card iklan.

Bukankah sekarang era media daring? Ya. Tetapi gaya konten kedua jenis media, yakni layar digital dan kertas, itu berbeda, sesuai karakteristik media. Di kertas tidak bisa interaktif, paling pol cuma bisa memberikan giringan ke konten digital dengan QR code, syukur jika sampai ke augmented reality. Tetapi ukuran fisik kertas yang lebih besar daripada layar ponsel memberikan keunggulan jelajah mata.

Memang sih, posting ini sejak awal bisa disanggah: siapa yang beli dan baca koran? Beli dan baca itu sebagai dua sisi dari sekeping koin.

4 thoughts on “Infografik Mandalika dua halaman koran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *