↻ Lama baca < 1 menit ↬

Mengganti baterai lampu clip on ransel dan helm Rockbros

Setelah baterai lampu clip on habis, bisa untuk ransel dan helm, saya baru menggantinya siang ini. Saya pasang lampu itu karena lampu LED byar-pet bawaan helm susah dibongkar. Inti cerita: pekerjaan sukses.

Romantika? Ada. Baru setelah mulai membuka lampu berpegas itu, saya ingat kenapa tak mengecek dulu tipe baterai kancingnya di internet. Apa boleh buat. Lanjut. Ternyata CR 2032. Masih ada stok buat remote controller mobil, sempat akan saya pakai untuk pengganti baterai pengukur gula darah.*

Mengganti baterai lampu clip on ransel dan helm Rockbros

Ada untungnya punya perkakas kecil. Bisa untuk buka kacamata sampai lampu, kalau sekarang masih ada kaset sekrupan, bukan lem mati, juga bisa. Tapi selain obeng, urusan bongkar lampu ini juga butuh pendorong as engsel. Untung dalam set alat tersedia. Kerepotan terjadi saat mengembalikan as pengunci pegas. Untung saya punya tang kecil pembuka segel galon.

Begitulah, punya alat memadai itu menyenangkan, kalau… dapat memakainya. Saya punya satu set pembuka ponsel dan tablet tapi belum pernah memakai. Saya beli karena ingin membuka Harman Kardon Onyx Studio 3 tapi urungkan. Saya cari tukang servis ponsel dan laptop terdekat belum dapat, padahal saya cuma mau ganti baterai 18650 yang tersolder.

Lampu LED clip on untuk ransel dan helm

Intinya saya suka membongkar pasang. Urusan bongkar sering sukses tanpa dapat sertifikat. Tapi urusan pasang bisa Anda tebak.

Barang sepele yang bongkar pasangnya sulit adalah kotak freezer kulkas. Teknik pengunciannya seolah sederhana tapi kuat. Sayang buku manual pabrik tak memberikan panduan bongkar. Untung ada YouTube.

Tool set ukuran kecil yang Herman

*) Saya punya alat ukur gula darah tapi selalu gagal memakainya padahal sidik jari berdarah sudah mengotori alat, bahkan ada tetesan darah di lantai