↻ Lama baca < 1 menit ↬

Jam dinding dengan pendulum berharga Rp100.000

Setelah menurunkan slinger panjang ke bawah sebagai hiasan Natal dari pilar, saya pun mengembalikan jam dinding kesayangan yang mungkin bermerek Jam Inan. Jam ini murah, saya beli sebelas tahun lalu, gres, Rp100.000. Kalau tak salah malah Rp99.000.

Saya mendapatkannya sebagai barang obralan di Informa saat berbelanja untuk kantor bersama Bu Sekretaris. Jam untuk ruang kerja saya ini dibeli dengan uang kantor, jadi termasuk inventaris. Ketika kantor ditutup saya meminta jam itu.

Saya suka jam berbadan pelat logam tebal buatan Cina ini karena desainnya modern dan menggrafis. Selain itu, Jam Inan juga memakai pendulum yang berayun. Sekian tahun lalu mesin quartz jam rusak karena salah penyimpanan, pendulum terkunci padahal roda gigi mesin terus berputar karena baterai tak dilepas. Bukan saya sih yang sembrono.

Lalu saya cari mesin jam quartz dengan cantolan untuk pendulum. Saya lupa harganya, pokoknya murah. Lalu jam dan mesin baru saya bawa ke tukang jam di kampung sebelah karena ada yang bilang di sana ada ahli jam. Ketemu.

Mulanya dia ragu apakah bisa memasang. Akhirnya sepekan kemudian jam bisa saya ambil. Ongkosnya? Pak Servis Jam minta Rp25.000. Tak tega saya.

Jam dinding dengan pendulum berharga Rp100.000

Apakah jam ini bisa berdentang? Tidak. Tapi saya sangat menyukai.