Pisang kepok putih untuk burung. Tapi kalau manusia doyan juga boleh. Seperti halnya burung boleh makan pisang goreng kalau mau.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

pisang kepok kuning goreng matang digoreng oh lezat nian

Pisang goreng apalagi pas sore hujan. Enak. Asalkan empuk, matangnya pas, dan… dari jenis kepok kuning. Kalau kepok putih buat pakan burung. Kepok kuning matang yang belum dimasak saya juga suka.

Dulu di Salatiga, sejak SD hingga mahasiswa, saya punya tugas mengambil setandan pisang kepok matang di kebun belakang. Pisang yang matang pohon, tak jarang cuma diturahi codot. Setelah memetik pakai tangga, baru saya tebang batang nya.

Pemetikan dan penebangan selalu telat karena diberi tahu tetangga bahwa pisang sudah matang. Sering saya tak tega, di celah tandan ada sarang burung emprit atau apa, pokoknya kecil. Kadang telurnya sudah menetas, ada piyik dalam sarang.

Karena anak-anak kuliah di Yogya, beberapa kali ibu naik tangga ambil pisang. Membawa turun setandan pisang melalui tangga bukan hal gampang. Apalagi kalau pisang di genting.

Selain pisang kepok ada juga pisang enak yang saya tak tahu namanya. Kulitnya kuning halus, cempluk, bikin kenyang. Saya lihat di laman blog Udfazi tak ada yang sesuai.

4 thoughts on “Pisang kepok goreng untuk manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *