• Lama baca: < 1 menit →

Piringan penghalang tikus di batang pucuk merah

Saya tidak membuat seni instalasi. Piringan plastik hijau pada batang pohon itu mulanya kuncup seperti payung setengah tertutup. Tapi selotip tak mampu menahan bentuk lebih dari seminggu, padahal mestinya bisa saya atasi dengan mengokot pakai stapler alias pengokot.

Ini cerita apa sih? Saya mengakali tikus. Inti cerita, pernah saya buktikan, tikus tak dapat memanjat batang karena terhalang piringan kuncup. Saat itu posisi piringan bukan sebelum ranting.

Saya puas. Berhasil. Lebih dari itu saya merasa cerdas. Ingin rasanya membusungkan dada.

Tapi, ya tapi, ternyata tikus lebih cerdas. Begitu jalan ke atas terhambat, mereka turun ke bawah, mengaduk tanah di pot, berak dan kencing di situ. Tanaman pun layu. Daun rontok.

Di pergola kecil, saya menginstalasi tutup boks plastik makanan ke batang besi horizontal. Berhasil. Tikus tidak bisa terus.

Akan tetapi saudara-saudari, tikus tidak putus asa. Mereka memilih jalan memutar, lewat dinding tetangga, sehingga bisa sampai di plafon teras saya.

Huh, kecerdasan saya tamat. Hanya menuai dua tertawaan istri. Pertama, saat saya memasang instalasi. Kedua, setelah terbukti tikus lebih cerdas.

Pemilik BlogMemoDIY,hama,hasta karya,penyakit,pet,prakarya,swakriya,tikusSaya tidak membuat seni instalasi. Piringan plastik hijau pada batang pohon itu mulanya kuncup seperti payung setengah tertutup. Tapi selotip tak mampu menahan bentuk lebih dari seminggu, padahal mestinya bisa saya atasi dengan mengokot pakai stapler alias pengokot. Ini cerita apa sih? Saya mengakali tikus. Inti cerita, pernah saya buktikan,...Suatu atau sebuah blog?