• Lama baca: < 1 menit →

Kotak sampah swalayan di kedai kopi Janji Jiwa Bekasi Cyber Park

Beberapa tahun belakangan kedai cepat saji dan kedai kopi, terutama yang tak memakai wadah beling maupun porselen, mempersilakan pengudap membuang sendiri alat makan minum dan sisanya. Saya menduga ajakan itu mulai berhasil.

Pada masa awal, pengudap bisa langsung pergi meninggalkan meja kotor yang dilengkapi gumpalan tisu bekas pakai. Sekarang meja kotor itu, di beberapa kedai, tampak berkurang.

Tanpa sanksi, tanpa hardikan, konsumen bisa berubah. Tetapi cara mengubah konsumen yang paling berhasil adalah memaksa toko tak menyediakan kantong keresek gratis. Konsumen tak protes dan akhirnya terbiasa.

Pemilik BlogMemoalat makan minum,Janji Jiwa,kantong keresek,kopi,mengudap,ngopi,plastik,sampah,tas keresekBeberapa tahun belakangan kedai cepat saji dan kedai kopi, terutama yang tak memakai wadah beling maupun porselen, mempersilakan pengudap membuang sendiri alat makan minum dan sisanya. Saya menduga ajakan itu mulai berhasil. Pada masa awal, pengudap bisa langsung pergi meninggalkan meja kotor yang dilengkapi gumpalan tisu bekas pakai. Sekarang meja...Suatu atau sebuah blog?