Ternyata bahasa Indonesia baku tak mengenal uncek. Tapi toko alat pertukangan paham uncek maupun gimlet.
↻ Lama baca < 1 menit ↬

Uncek atau gimlet sebagai bor tangan tanpa engkol

Akhirnya saya dapatkan uncek. Lapak daring memang menyenangkan. Tak hanya menyediakan aneka barang tetapi juga ramah terhadap istilah yang dipakai konsumen.

Misalnya uncek, yang tak ada dalam KBBI sebagai padanan kata berbahasa Inggris gimlet. Saya pernah punya, membeli di sebuah toko besi di Palmerah yang memasang kotak pendingin Lipton Lemon Tea botol beling, dan yang tahu benda yang saya maksudkan hanya karyawan toko, orang Jawa. Saat itu belum ada belanja daring.

Lalu kedua uncek itu entah ke mana. Saya ke beberapa toko tak ada yang punya, itu pun setelah juragan toko paham yang saya maksudkan: bor tangan yang tidak pakai engkol.

Sekian tahun berlalu tiba-tiba saya butuh uncek. Ternyata lapak daring menyediakan. Harga satu set berisi empat uncek Rp25.000. Kalau beli satu berat di ongkir: Rp20.000.

Maka saya beli dua agar bisa bebas ongkir, sekalian memanfaatkan poin, sehingga saya membayar murah. Uncek satunya saya hadiahkan kepada tetangga yang kerap turun tangan kalau saya menyerah urusan pertukangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *