Obat ganteng ada. Misalnya sisir pria dan krim pembasuh wajah serta gel jambul. Tapi kelas ganteng gagah perkakas, agar jadi pemuda harapan tetangga? Setahu saya jarang. Atau malah nggak ada. Kecuali di agensi modeling.

Kalau abad lalu ada. Namaya kelas “pengembangan kepribadian”. Isinya etiket berbusana, berbicara, dan sopan santun perjamuan atawa table manner. Setelah pakai dasi dengan benar, dengan baju-pantalon-sepatu serta kaus kaki yang matched, fragrances harus tepat, dan… satu lagi: untuk pria asal Jateng (apalagi Tegal dan Banyumas?) dan Jatim sebaiknya jangan terlalu medok. Instruktur akan menegur.

Demikian kata seseorang yang dikirim oleh kantornya ke tempat termasyhur saat itu . Repot amat ya. Saya bakal gagal. Untuk semua mata pelajaran.

Pemilik BlogMemodandan,etiket,fashion,fesyen,gaya busana,John Robert Powers,kecantikan,Maya Rumantir,Mayagita,Mien Uno,mode,posterObat ganteng ada. Misalnya sisir pria dan krim pembasuh wajah serta gel jambul. Tapi kelas ganteng gagah perkakas, agar jadi pemuda harapan tetangga? Setahu saya jarang. Atau malah nggak ada. Kecuali di agensi modeling. Kalau abad lalu ada. Namaya kelas 'pengembangan kepribadian'. Isinya etiket berbusana, berbicara, dan sopan santun perjamuan...Suatu atau sebuah blog?