↻ Lama baca < 1 menit ↬

kotak plastik dan sendok plastik, semuanya sekali pakai lalu jadi sampah

Kita sudah terbiasa dengan wadah plastik sekali pakai dan sendok plastik sekali pakai. Selesai kita makan, semuanya jadi sampah yang mungkin saja sulit diurai.  Kalau sendok plastik sih bisa dipakai ulang setelah dicuci — bisa untuk menyendok apa saja termasuk cat dan oli atau apapun yang bukan makanan.

Kita terbiasa dengan itu. Minimal sebagai konsumen makanan. Ternyata harganya memang murah. Harga per buah plastik mika 12 x 20 x 6cm bisa Rp620 (Juragan Plastik).

Sedangkan sendok bebek bening (tak seperti dalam gambar), harga per buahnya boleh Rp84 (Jaya Plastik). Kalau yang putih 17,5cm, di  Plastik Murah, Jombang, Jawa Timur, boleh Rp160 per buah (eh kenapa bukan per batang ya?).

Anda yang bikin katering mungkin lebih tahu harganya dan bagaimana mendapatkan komponen biaya kemasan yang kurang Rp700 dalam seporsi mi goreng seharga Rp5.000. Oh ya, biaya kokot (staples) belum saya masukkan, tapi tampaknya lebih murah dan lebih cepat pemasangannya ketimbang selotip.

Berapapun biayanya, bebankan saja kepada konsumen. Nah konsumen, termasuk saya, tinggal membuangnya setelah memakai. Kan sudah ada pihak yang menangani sampah dan persoalan lingkungan lainnya? Maafkan kejujuran saya.

Kita sudah terbiasa.