• Lama baca: 2 menit →

penjual burung belibis goreng di jatiwarna, pondokgede, bekasi

Jika menautkan burung belibis dengan makanan, mungkin yang tergambar dalam benak sebagian orang adalah sambal cap Dua Belibis (PT Gunacipta Multirasa). Padahal menurut Wikipedia Indonesia, belibis goreng adalah menu alternatif untuk bebek goreng.

Sekitar satu kilometer dari rumah saya ada yang menjual belibis goreng. Saat saya foto 9 November 2014, harga sepotongnya Rp3.500. Bagaimana rasanya? Seingat saya tak seenak daging ayam. Saya mencicipi belibis goreng cuma sekali, pada 1996, yang dijual di lokasi lain, juga sekitar satu kilometer dari rumah saya.

penjual burung belibis goreng di jatiwarna, pondokgede, bekasi

Waktu saya bocah, tebakan jayusnya adalah “burung apa yang paling kaya?” Jawabannya: burung beli bis. Saya tak tahu seberapa terancamkah kelestarian belibis misalkan penangkapan liar terus berlangsung. Belibis untuk digoreng Bekasi, kata orang, dipasok dari pantura Jawa Barat, sejak Bekasi Utara, Karawang, sampai Indramayu.

Menurut berita Kompas pada 2009, perburuan belibis kembang mulai mengancam ekosistem pedalaman Mahakam, Kalimantan Timur. Populasi belibis terus menurun.

burung belibis edisi Amrk
Burung belibis Amerika (Dendrocygna autumnalis) di Birding Center, Port Aransas, Texas • Wikimedia Commons
Pemilik BlogMemobelibis,burung rawa-rawa,lingkungan,manuk mliwis,perburuan satwa liarJika menautkan burung belibis dengan makanan, mungkin yang tergambar dalam benak sebagian orang adalah sambal cap Dua Belibis (PT Gunacipta Multirasa). Padahal menurut Wikipedia Indonesia, belibis goreng adalah menu alternatif untuk bebek goreng. Sekitar satu kilometer dari rumah saya ada yang menjual belibis goreng. Saat saya foto 9 November 2014, harga...Suatu atau sebuah blog?