↻ Lama baca < 1 menit ↬

toko sandang senayan di kemang, januari 2014

Ini toko jadul beneran di Kemang, Jaksel. Bukan jadul-jadulan sebagai kemasan eksotis. Masalahnya saya tak pernah melihat toko ini buka. Setiap kali lewat sana saya menengok, berharap ada dagangan digelar — padahal belum tentu akan singgah apalagi membeli. Oh mungkin saya lihat tak buka karena saya lewat pada jam yang salah. Foto atas saya ambil Rabu siang 8 Januari 2014.

Juni tahun lalu saya memotretnya (lihat foto bawah) dan mencatat:

Baru tadi pagi saya bisa memotret toko di Kemang ini karena antrean lampu merah panjang. Saya tak tahu apakah Toko Sandang Senayan ini masih beroperasi, karena induknya, Patal Senayan (pabrik di Karawang), bersama Patal lainnya di bawah PT Industri Sandang Nusantara ditutup 2012. Yang tersisa adalah nama kawasan di Jakarta: Patal Senayan yang sudah berganti rupa. Saya pernah mondok di kawasan Patal, selama beberapa bulan, 23 tahun silam.

toko sandang senayan di kemang, juni 2013

Dulu selain ada Patal Senayan (Jakarta) ada pula Patal Secang (Magelang, Jateng), Patal Karawang (Jabar), Patal Banjaran (Bandung, Jabar), Patal Lawang (Malang, Jatim), Patal Grati (Pasuruan, Jatim), Patal Cilacap (Jateng), Patal Tohpati (Denpasar, Bali), dan Patal Makateks (Makassar, Sulsel). Kok  jadi daftar panjang? Supaya tersimpan di internet. :D

2 thoughts on “Toko Sandang Senayan di Kemang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *