• Lama baca: < 1 menit →

Saya telat tahu tentang iklan The Guardian ini. Menarik. Sebuah cara untuk menyatakan bahwa jurnalisme sebagai sebuah disiplin berikut prosesnya, yang dilakukan oleh sebuah lembaga, tetap bisa hidup karena hirau dan memanfaatkan media sosial.

The Guardian terbit di Inggris sejak 1959, meneruskan koran lama The Manchester Guardian yang terbit sejak 1821. Dulu kantor pertama saya melanggani koran ini, dan salah satu rubrik menarik adalah kolom film Derek Malcolm yang tulisannya tidak “ndakik-ndakik”. Yah, meski bukan perbandingan yang pas, membaca tulisan sederhana Malcolm seperti (dulu) membaca road test Jeremy Clarkson di Top Gear; pembaca tak merasa membaca liputan otomotif, hanya menikmati tulisan yang menyinggung mobil — tepatnya: mobil sebagai sosok yang berjiwa.

Pemilik BlogUmumSaya telat tahu tentang iklan The Guardian ini. Menarik. Sebuah cara untuk menyatakan bahwa jurnalisme sebagai sebuah disiplin berikut prosesnya, yang dilakukan oleh sebuah lembaga, tetap bisa hidup karena hirau dan memanfaatkan media sosial. The Guardian terbit di Inggris sejak 1959, meneruskan koran lama The Manchester Guardian yang terbit sejak...Suatu atau sebuah blog?