• Lama baca: 2 menit →

PERGUNJINGAN ITU GURIH. INTERNET MEMBANTU KITA MENIKMATINYA TANPA KETAHUAN TETANGGA.

Sebuah blog di Blogspot bercerita tentang rahasia dapur sebuah perusahaan telekomunikasi Indonesia, berstatus Tbk., yang sedang direpoti protes karyawan. Saya tak tahu, dan belum menanya, apakah itu betul akun atas nama sang direktur perencanaan.

Jika benar, dalam batas apakah seorang direktur pantas menceritakan seluk beluk kebijakan dan keputusan direksi — apapun prosesnya — kepada publik, padahal dia bagian dari tim penentu?

Jika benar itu akun seorang direktur, perlukah menceritakan pertalian gesekan dan konflik internal, berikut kasus yang memalukan, kepada publik melalui media sosial bernama blog pribadi?

Anda dapat menjawab, batasnya adalah ada pembeda mana yang untuk konsumsi khalayak dan mana yang untuk internal. Jawaban normatif. Tak jarang harus kita telaah kasus demi kasus.

Oh, kita juga bisa menganggap semua info dari dalam itu layak keremus, lalu menempatkannya sebagai hasil yang tak beda dari apa yang kemudian dikemas oleh media melalui wawancara dan riset. Cuma persoalan konten, kata kita. Urusannya cuma benar dan dapat dipercaya atau tidak, kata tetangga sebelah.

Jadi di mana masalahnya? Cara dan saluran pemaparan. Apapun posisinya, seseorang sebaiknya berlaku bijak dalam menceritakan persoalan keluarga, kelompok, dan kantornya kepada dunia luar. Termasuk dalam bijak itu adalah waspada terhadap orang yang bocor mulut lalu menyiarkannya kepada khalayak.

Maka kembali ke blog itu, saya belum yakin apakah itu dari sang direktur langsung. Ada sejumlah rambu dalam jabatan perusahaan besar, dan umumnya profesional terikat pada semacam kontrak untuk tak sembarangan menyampaikan sesuatu.

Dalam ungkapan seorang sopir kumpeni, “Jangan paksa saya cerita nganter bos ke mana aja.”  Itulah etika.

Orang Jawa punya pepatah, “Nabok nyilih tangan.” Menabok pakai tangan orang lain dalam arti mencatut.

UPDATE: Itu blog palsu (Detikinet)

Pemilik BlogNgeblogblog,Blogspot,Herfini,hherfini.blogspot.com,media sosial,rahasia perusahaan,telekomunikasi,TelkomselPERGUNJINGAN ITU GURIH. INTERNET MEMBANTU KITA MENIKMATINYA TANPA KETAHUAN TETANGGA. Sebuah blog di Blogspot bercerita tentang rahasia dapur sebuah perusahaan telekomunikasi Indonesia, berstatus Tbk., yang sedang direpoti protes karyawan. Saya tak tahu, dan belum menanya, apakah itu betul akun atas nama sang direktur perencanaan. Jika benar, dalam batas apakah seorang direktur...Suatu atau sebuah blog?