• Lama baca: < 1 menit →

Kedai masakan Batak Ni Tondongta yang terkenal di Jakarta itu ternyata juga menyediakan paket musik. Saya baru tahu nama pemiliknya dari kotak tusuk gigi: M. Rupinah S. boru Sitorus. Hal lain yang saya juga baru tahu adalah penajaan oleh RaboBank. Di Belanda sana mungkin bank itu tak melakukan promosi sampai ke kedai. Pada akhir 80-an Bukopin pernah menjadikan RaboBank sebagai rujukan bank koperasi bagi petani, lalu membuat gerakan dengan target setiap dua minggu sekali muncul KUD mandiri. Tentu sulit.

Koperasi itu bagus. Salah satu yang berhasil adalah koperasi peternak sapi perah, juga di Belanda, yaitu Frisian Flag. Brasil  punya koperasi bagus untuk tebu dan etanol, namanya Copersucar, yang sampai bisa membiayai tim F1 (zaman Emerson Fittipaldi).

Pemilik BlogUmumKedai masakan Batak Ni Tondongta yang terkenal di Jakarta itu ternyata juga menyediakan paket musik. Saya baru tahu nama pemiliknya dari kotak tusuk gigi: M. Rupinah S. boru Sitorus. Hal lain yang saya juga baru tahu adalah penajaan oleh RaboBank. Di Belanda sana mungkin bank itu tak melakukan promosi...Suatu atau sebuah blog?