↻ Lama baca < 1 menit ↬

Jika semua penduduk Jakarta, ditambah kawasan tetangga, mematikan minimal dua lampu selama satu jam, maka itu jelas sangat berarti. Kok bisa?

Sejam dua lampu padam itu setara dengan:

  • menghemat 0,4 persen dari total konsumsi listrik per hari (300 Mwh)
  • mematikan satu pembangkit listrik
  • Menerangi 900 desa
  • menghemat 263,24 ton CO2
  • jumlah CO2 yang diserap oleh lebih dari 263 pohon
  • jumlah O2 yang dibutuhkan oleh lebih dari 526 orang

Lakukan itu pada Sabtu 27 Maret 2010, selama pukul 20.00-21.00. Supaya orang rumah tak lupa, cantelkan kartu pengingat pada boks saklar.

Cara memperoleh kartu berbonus gantungan kunci/tas, yang lembar sisanya bisa untuk pembatas buku? Kunjungilah Earth Hour Indonesia, ikutlah Twitter-nya. Peran serta Anda akan dicatat.

Kegiatan Earth Hour ini boleh kita anggap tak ada urusannya dengan PLN. Tahu bedanya? Pemadaman kita lakukan sendiri, secara sukarela, untuk kepentingan yang lebih luas.

Sedangkan pemadaman oleh PLN bisa kita alami kapan pun, bisa tanpa jadwal maupun pemberitahuan, sehingga kegiatan kita terganggu (dan merugikan), semata karena PLN bingung kalau jualannya laku, lantas konsumen hanya bisa berdendang “gajah mati meninggalkan gading, listrik mati meninggalkan rekening”.

Tapi kalau mau dihubung-hubungkan dengan PLN juga bisa ding. Kalau kita memakai listrik secara efisien maka tagihan bulanan kita bisa berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *