• Lama baca: < 1 menit →

Headline yang ringkas, dengan infografik yang bagus. Tapi… apakah orang yang di bawah 25 tahun paham kamar gelap, kecuali sempat melihatnya di film-film lama, atau film-film yang menceritakan setting waktu zaman prafotografi digital?

Istilah “kamar gelap” pun rasanya sudah arkais, padahal fitur dasar semua peranti lunak penyunting gambar (yang terkenal: Photoshop) adalah memindahkan fungsi darkroom ke dalam komputer. Misalnya cropping, dogding, burning, brightness, contrast… :) Darkroom beneran memang memakai lampu merah (dengan kecerlangan maksimal tertentu) supaya tak membakar film yang belum diproses dan tak membakar kertas foto yang belum selesai direndam cairan kimia.

Pemilik BlogUmumHeadline yang ringkas, dengan infografik yang bagus. Tapi... apakah orang yang di bawah 25 tahun paham kamar gelap, kecuali sempat melihatnya di film-film lama, atau film-film yang menceritakan setting waktu zaman prafotografi digital? Istilah 'kamar gelap' pun rasanya sudah arkais, padahal fitur dasar semua peranti lunak penyunting gambar (yang terkenal:...Suatu atau sebuah blog?