• Lama baca: 2 menit →

MUNGKIN GEJALA GANGGUAN JIWA.

Mobil di belakang saya itu berkali-kali mengklakson. Karena Innova dia lebih tinggi dari mobil kecil yang saya kendarai, mestinya dia tahu bahwa saya berhenti karena mobil di depan saya juga berhenti, begitu pula mobil depannya lagi dan seterusnya.

Maka saya pun melogokkan kepala melalui jendela, lalu menengok ke belakang. Dia juga melongokkan kepala. “Bukan sama Bapak sih (masalah saya), cuma kesel aja. Macet mulu!”

Beberapa kali itu saya alami. Anda juga mengalami. Dan semoga Anda tak segolongan dengan Pak Gatalpencet Klaksonoutomo tadi.

Tempo hari, masih pagi, sehingga pemobil bisa memilih lajur loket tol, ada mobil yang tidak ngebut tetapi beberapa kali mengklakson. Saya bilang ke istri saya, “Orang itu hobi nglakson. Lihat aja, pasti nanti diulangi.”

Selepas loket tol Cililitan itu (kebetulan kami bersebelahan), tebakan saya terbukti. Mobil itu bolak-balik mengklakson. Saya tak tahu apakah wanita yang duduk jok kiri depan itu sudah menegur si pengemudi.

Sepanjang jalan tol ke arah Tanjungpriok, Raden Mas Klaksonojoyo itu beberapa mengklakson tanpa alasan yang jelas. Saya tahu karena mengikutinya, untuk membuktikan tebakan… :)

Sekarang ini, pada malam hari, bahkan di dalam kompleks, ada saja orang yang tak tahu malu membunyikan klakson tanpa alasan yang jelas.

Ketika menjadi penumpang mobil yang berbeda, dan pengemudinya gatal klakson, saya pun menanya apa alasannya. Satu orang menjawab, “Otomatis aja. Emang napa?” Satu lainnya menjawab, “Biar orang lain ngasih jalan.” Satu lagi tak menjawab, cuma tersenyum malu.

Jika Anda bermukim tak jauh dari (apalagi di tepi) jalan raya, maka penanda pagi tak hanya suara knalpot mobil dan motor, tetapi juga klakson. Anggap saja itu pengganti kicau burung.

Sekarang ini beberapa mobil keluaran baru memakai klakson yang dibuat lebih berbudaya. Suaranya tak nyaring-nyaring amat. Tapi di tangan maniak pencet dodoli-dodolibret, mungkin modifikasi pertama setelah keluar dari ruang pamer adalah mengganti klakson.

© Ilustrasi: Custombiker

*) Biar pelan asal mengklakson

Pemilik BlogKomedi Indonesiakebisingan,klakson,lalu lintasMUNGKIN GEJALA GANGGUAN JIWA. Mobil di belakang saya itu berkali-kali mengklakson. Karena Innova dia lebih tinggi dari mobil kecil yang saya kendarai, mestinya dia tahu bahwa saya berhenti karena mobil di depan saya juga berhenti, begitu pula mobil depannya lagi dan seterusnya. Maka saya pun melogokkan kepala melalui jendela, lalu menengok...Suatu atau sebuah blog?