↻ Lama baca 2 menit ↬

MUNGKIN KARENA WAKTU LUANG TAK MENDAPATKAN PENYALURAN.

Maaf, jangan salah sangka dulu. Bukan bulan puasanya yang saya persalahkan, tapi memang ada saja orang yang keterlaluan. Bukan orang dewasa, tapi anak-anak tanggung. Misalnya, pada jam tarawih sebagian warga was-was, bahkan seksi keamanan RT pun harus ekstrawaspada sehingga pernah tak ke masjid untuk bertarawih. Penyebabnya: tawuran antarbocah kampung.

Siapa? Di mana? Anak-anak usia kelas 3 sampai 6 SD dari dua kampung dari luar kompleks saya. Permukiman mereka tersela oleh kompleks perumahan. Siang hari anak-anak itu saling tantang, dengan arena favorit kawasan saya. “Entar liat aja di kompleks,” kata si penantang. Arena favorit mereka, entah kenapa, adalah RT saya — titik yang sama-sama terjauh dari rumah mereka.

Beberapa kali Ramadan itu terjadi. Mungkin ada regenerasi. Tahun lalu saya nyaris kena lempar batu besar. Saya menghindar, tapi tulang kering Pak Satpamwan yang terkena dan berdarah. Mereka tak peduli apakah batu akan memecahkan mobil bahkan kaca rumah.

Saya pernah memergoki mereka membawa sarung yang diputar-putar. Ujungnya berat. Ternyata berisi batu.

Tempo hari mereka keterlaluan, bergerombol, bising, di dekat rumah ketua RT lain. Ketika ditegur mereka malah menantang sekalian meledek Pak RT. Pak RT segera ke kampung mendatangi orangtua anak-anak bangor itu.

Itu belum seberapa. Beberapa tahun lalu, dalam “gelaran rutin bulan puasa”, ada seorang anak terluka. Kalau tak salah karena menyerempet pagar. Orangtuanya tak terima, hampir muncul kesalahpahaman, karena kabar yang dia terima anaknya dianiaya “orang kompleks”.

Yang terbaru, kemarin, ada anak kelas 5 atau 6 SD, anak warga RT saya, ditemukan teler setelah dicekoki entah minuman apa. Tak ada bau alkohol, tapi anak itu sempoyongan.

Sebelumnya sekelompok remaja tanggung dari salah satu kampung penyuka masalah kedapatan linglung di dekat pos ronda RT saya. Yang masih kuat menjawab mengaku kelelahan setelah mengamen. Temannya yang tak kuat menjawab setiap kali diberdirikan langsung nglumpruk tanpa tenaga bahkan seperti tidur.

Setelah diusir mereka memapah temannya, tapi kemudian ditinggalkan di dekat rumah Pak Haji seberang rumah saya. Lagi-lagi Pak Keamanan menghalau mereka.

Kemarin, dalam ronda jelang jam sahur, beberapa warga punya inisiatif kalau kembali terjadi setori dan ada yang bisa ditangkap, anak-anak itu diserahkan saja ke polisi. Kalau warga menahan sendiri, bisa-bisa diserbu orang sekampung.

Saya ingat, dulu setap pagi bulan puasa kalau melintas Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur, beberapa kali menjumpai tawuran remaja. Perang batu di jalanan.

Anehnya, di kawasan saya, seminggu sebelum Lebaran keributan itu biasanya sirna. Entah kenapa. Semoga kali ini lebih cepat sirna.

Terhadap masalah sosial seperti ini, saran berjarak tapi santun adalah, “Ajak dialog dong orangtuanya. Lantas ditanya masalah lu apa?”

Tapi tampaknya tak sesederhana itu. Anda punya saran?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *