↻ Lama baca 2 menit ↬

KE TOP 40; ENTAH KE MANA JAZZ DAN KLASIKNYA.

CNJ Radio Jakarta ganti haluan

Lama tak menyetel, ketika tadi menyalakan CNJ Radio (99,90 MHz) saya mendengar pengumuman penyiarnya: stasiun akan berubah format, untuk segmen 15-25 tahun. Delapan puluh persen suguhan musik akan diisi top forty. Nama barunya, menurut penyiar mengaku masih kagok menyesuaikan diri, adalah Ninety Nine (kadang dia bilang  “ninety-niners”). Pendengar mengirim SMS. Rata-rata isinya agak menyayangkan. Dalam kalimat lain: kurang rela tapi memaklumi banting setir stasiun yang antara lain dimodali pengacara Todung Mulya Lubis itu (masihkah?).

Selama tiga tahunan stasiun itu menghibur pendengarnya dengan musik jazz dan klasik. Beruntunglah mereka yang punya tuner bagus dan antena kuat, apalagi kalau Classic, News and Jazz sedang siaran nonstop.

Kemudian, yah begitulah, bisa ditebak ini karena alasan bisnis. Persoalannya tentu bukan sekadar radio orang tua atau orang muda. Delta FM (dulu radio dakwah, kalau tak salah PTDI) bisa bertahan dengan sajian oldies-nya. Tapi adiknya, M97FM (dulu Radio Monalisa), terseok-seok dalam classic rock dan progressive rock, kemudian mati, dijual, dan jadilah Radio Dangdut TPI.

Dari kacamata bisnis, pasar sempit tapi tak membawa duit sama saja bukan rezeki. Ini hukum bisnis media. Sebuah majalah khusus — misalnya tentang audio — bisa rendah oplahnya (misalnya cuma 7.000-an), tapi karena punya pembaca dan lebih penting pengiklan setia, maka napasnya panjang. Si pengiklan, kebanyakan kalangan toko, enak saja keluar Rp 10 juta buat beli halaman, tapi sekali terjual dagangannya laku Rp 50 juta.

Jadi, memang bukan hal aneh jika media — cetak maupun elektronik — harus selalu adaptif. Untuk radio, ada pasar yang kosong tapi satu-dua korban bisa jadi pelajaran. Misalnya Top FM Jakarta, satu dari sejumlah stasiun senama yang dulu dimiliki oleh Pusat Penerangan ABRI (TNI). Top FM Ibu Kota harus tutup karena siaran musik klasiknya tak membawa berkah. Siaran terakhirnya pada hari penutupan, sekitar tujuh tahun lalu, menjadi requiem bagi pendengarnya. Tetapi ratapan tak menginjeksikan modal, bukan?

Saya tak tahu formula bisnis yang jitu untuk radio bersegmen sempit. Saat ini yang khusus jazz tidak ada — tapi Bandung punya. Yang khusus klasik juga tidak ada. Yang khusus new age, setahu saya, juga belum ada.

New age di sini dalam pengertian genre menurut rak toko CD. Boleh world music, boleh serial Putu Mayo, boleh Enya, boleh Yanni, boleh Philip Glass, boleh Gregorian, boleh Buddha Bar, boleh Deep Forest, boleh “healing music“, boleh instrumental, atau apapun yang menurut penjaga toko, “Musik yang aneh, nggak ada di MTV, kadang enak didenger, tapi lebih sering nggak.”

Classic rock? Mungkin masih laku. Isinya ya segala jenis rock, terutama yang pop rock, ada ballad-nya yang mendayu, ada rock n’ roll-nya. Kalau progressive rock, dengan segala percabangannya, mungkin akan susah dijual.

Kayaknya, menurut saya, tidak semua musik itu radiolike. Radio bersegmen khusus, yang memutar lagu berdurasi 20 menit, atau tujuh menit duet drum dan bas, mungkin sulit menambah pendengar baru yang tersesat ketika memindai gelombang — sementara pendengar lama kadang juga jenuh.

Baiklah, sangat mungkin saya salah. Tapi dengan segenap keawaman saya salut kepada Gen FM Jakarta (98,7). Di loket tol, Indomaret, Alfamart, taksi, stasiun itu didengarkan. Music director yang tak mengharamkan pengulangan beberapa kali sebuah lagu, ditambah anchors yang berkarakter kuat, dan… “Salah Sambung” yang kocak, menjadikan radio itu layak setel.

Lalu? Bersyukurlah Anda yang memakai internet berpita lebar. Tersedia banyak stasiun yang sesuai preferensi. Selebihnya?

Ada kawan yang pendapatnya aneh tapi mungkin benar, “Mereka yang suka musik nggak lumrah, nggak ada di MTV, nggak ada versi bajakannya, nggak diputer di radio, mestinya tahu diri. Harus mencari di toko CD impor atau pesan ke Amazon dan Juragan Buku.” Yang terakhir, bakal mahal di ongkos. Adapun untuk toko yang langsung mengimpor CD, kadang Anda harus inden — cukup via SMS lalu transfer, dan barang Anda akan disembunyikan dari rak.

Saya bukan penggemar musik aneh. Saya suka easy listening. Tapi saya tak suka pendapatnya. Haruskah kesukaan terhadap jenis musik tertentu diimbangi oleh limit longgar kartu kredit?

Di situlah pentingnya radio khusus dengan segala keterbatasannya sesuai karakteristik media.

© Gambar asli sumber ilustrasi: unknown

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *