• Lama baca: 2 menit →

NAMANYA JUGA MASYARAKAT MODERN.

promo penghulu nikah siri

Promosi jasa penghulu untuk nikah siri ini bagi saya hal yang baru. Selama ini saya hanya mendengar. Itu pun karena saya ditanya oleh orang lain yang meneruskan pertanyaan temannya, akibat ditanya oleh kawan dari sohibnya, tersebab oleh permintaan tolong sejawatnya, dan entah kenapa sampai ke saya dengan pemakluman santun, “Sapa tau Mas ada info gitu lho…”

Bukan urusan mata rantai pertanyaan yang akan saya bahas. Tapi ketersediaan jasa khusus yang ternyata beragam. Konon salah satu ciri masyarakat modern adalah pembedaan pekerjaan yang beragam.

Buku telepon halaman kuning mungkin bisa dirujuk. Bukunya makin tebal. Kategori tertentu, dengan subkategorinya, baik untuk barang maupun jasa, cenderung bertambah. Buku telepon akhir 80-an, setahu saya, belum memasukkan kategori “internet”. Jasa penyewaan tenda ber-AC juga belum ada pada awal 90-an.

Yang membedakan buku halaman kuning Indonesia dengan beberapa negeri adalah kategori lama untuk urusan tertentu. Misalnya lady escort. ;) Tapi untuk versi online, ternyata ada juga yang “aneh“.

Kembali kepada penghulu dan keragaman profesi jasa. Ketika ketersediaan kian bertambah, bagaimana mempromosikannya?

Peluang ada pada internet. Orang tak mungkin menempelkan info jasa macam ini di pintu kulkas, toh kebutuhannya tak sesering tabung gas dan galon air.

Internet mengurangi rasa malu bila dibandingkan membonceng ojek dan mengurutkan tikungan demi tikungan gang sampai akhirnya tiba di tujuan dan mendapatkan jawaban, “Abah lagi keluar.”

Menyimpan alamat penghulu di ponsel atau apalagi dompet?

Bisa-bisa mengundang interogasi dari detektif domestik, “Oooo jadi gitu ya, Pa? Ayoh ngaku! Ngaku! Nga-ku!” :D

Pemilik BlogSelinganNAMANYA JUGA MASYARAKAT MODERN. Promosi jasa penghulu untuk nikah siri ini bagi saya hal yang baru. Selama ini saya hanya mendengar. Itu pun karena saya ditanya oleh orang lain yang meneruskan pertanyaan temannya, akibat ditanya oleh kawan dari sohibnya, tersebab oleh permintaan tolong sejawatnya, dan entah kenapa sampai ke saya...Suatu atau sebuah blog?