↻ Lama baca < 1 menit ↬

BETUL-BETUL KONYOL (TAPI BERGUNA).

buku mice tentang buswayLuar biasa! Eh, apanya?

Kalau Anda sudah menerima peta mudik, seperti tahun-tahun sebelumnya, itu patut disyukuri. Lha wong gratis kok. Maka bolehlah itu disebut luar biasa.

Hanya saja cara mengucapkan “luar biasa” itu seperti gaya Tukul Arwana yang pernah saya lihat di TV milik warung padang di Kebonjeruk: datar, tanpa penghayatan, seperti sambutan pada layar ponsel ketika dinyalakan. Hanya default semata.

Begitu pula buku ini. Luar bisa-bisanya. Luar binasa. Membawa nama Mice (pasangan Benny) tentulah menggoda konsumen. Apalagi jika belinya melalui toko online, sehingga tak sempat mengintip isinya.

Lebih parah lagi, karena saya hanya browsing sekilas maka buku ini saya jadikan ekstra bagi buku pesanan lainnya. Info dari toko tak saya cermati. Saya kadung berasumsi pasti lucu seperti Jakarta Luar Dalem. Saya telanjur membayangkan segepok kartun parodi perontok perut.

Maka dalam buku saku tipis seharga dua bungkus rokok itu, yang desain visualnya antara lain digarap oleh Enin Supriyanto, sebagian besar isi adalah tabel rute busway Jakarta, dan beberapa artikel panduan. Ilustrasi Mice cuma ada enam.

Memang sih buku ini berguna. Bisa dimasukkan ke ransel buat bekal, karena kalau memanfaatkan layanan SMS premium untuk menanya rute busway (sudah ada belum sih?) bakal menyedot pulsa.

Begitu percayanya saya kepada nilai kagunan sehingga saya tak baca isinya secara lengkap. Betul, seperti beli kamus. Hanya dibuka kalau perlu. Serupa mbak-mbak lajang optimistik-rasional-pragmatis yang membutuhkan Mas Gagahganteng Wellhunk kalau ada undangan pesta. :D

Lantas di mana sebetulnya kelucuan buku ini? Pertama: kok ya dijual, bukan dibagi gratis dengan memanfaatkan sponsor. Kedua: kok ya ada yang beli, bahkan menuliskannya di blog. Ketiga: kok ya ada baca posting paling garing dalam jagat blog Indonesia ini.

JUDUL: Keliling Jakarta Naik Busway, Yuuuk! • PENULIS: tim dari penerbit [?] ILUSTRATOR: Muhammad Misrad • PENERBIT: Nalar, Jakarta (September 2007) • TEBAL:xi 65 halaman • HARGA: Rp 17.550

5165 ringtonedc ac ringtone mobile860 i nextel ringtone freeringtone downloads nokia 3595426 samsung ringtone freeringtones cell phone 311 mp3ringtones minutes 5 aloneringtones for free samsung absolutely Map

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *