Anak terjatuh dari apartmen, Eric Clapton, dan petaka lain

Tak mudah menjaga anak. Bahkan ada saja anak tewas terkunci dalam mobil. Juga tak mudah meninggalkan anak di rumah.

▒ Lama baca < 1 menit

Anak terjatuh dari apartmen, Eric Clapton, dan petaka lain

Menyedihkan. Mengerikan. Pasti bukan keinginan bersama. Di Tangerang, Banten, seorang anak berusia tujuh tahun jatuh dari lantai delapan apartmen, meninggal. Malam itu dia di rumah sendirian, terkunci, ditinggal ayahnya yang menjemput ibunya sepulang kerja (¬ Kompas.id).

Meninggalkan anak kecil di rumah. Memang sebaiknya jangan. Tetapi kehidupan kadang berbanyak segi masalah, padahal membawa anak pergi juga bukan hal mudah. Untuk hal ringan saja bukan hal mudah, misalnya pergi ke kondangan.

Kalau di rumah tak ada yang menunggui bagaimana? Kalau tetangga tak ada yang kita titipi bagaimana? Lagi pula kondangan itu pesta, menyenangkan, masa anak tak diajak. Kalau melayat beda lagi.

Dulu banget ada kritik terhadap ibu-ibu kader sebuah partai yang berdemonstrasi membawa anak. Misalnya demo tengah hari ibu-ibu PKS di depan Kedubes AS, Jakarta (Merdeka, 2012). Saya membayangkan, anak-anak itu tidak bisa ditinggal di rumah karena tak ada yang menjaga. Tetapi misalnya terjadi kekerasan terhadap demonstran, kasihan anak-anak itu.

Anak memang butuh pengawasan. Pernah terjadi, belasan tahun lalu, balita ditinggal dalam mobil di parkiran sementara ibunya berbelanja di supermarket. Si ibu selesai berbelanja, anaknya sudah meninggal, karena kepanasan dan kehabisan oksigen. Saya lupa di kota apa.

Tetapi barusan saya cari arsip, ternyata pada 2018 juga terjadi, di Bandar Lampung, karena ibunya lupa bahwa anaknya, 4 tahun, tertidur di jok belakang (¬ RMOL Lampung).

Belasan tahun lalu saya baca berita anak laki tewas dalam mobil mangkrak karena mereka tidak bisa keluar. Arsipnya belum saya temukan. Namun saya beroleh arsip lain, tiga anak perempatan tewas kehabisan napas saat bermain dalam mobil rusak di Jakut(¬ Sindonews, 2015), dan seorang anak laki tak dapat keluar dari mobil yang diparkir, di Bekasi, Jabar (¬ Warta Kota, 2019).

Tentang anak tewas karena jatuh dari apartmen, Anda pasti teringat latar terciptanya lagu “Tears in Heaven”. Pada 1991, Conor (4), putra Eric Clapton, meninggal setelah terjatuh dari lantai 53 sebuah apartmen di New York, AS.

Tinggalkan Balasan