Melubangi kaca masih mahal?

Bor kaca dijual di lokapasar. Aneka panduan melubangi kaca ada di YouTube. Tapi tak berarti gampang. Mau aman?Bayar.

▒ Lama baca < 1 menit

Teknik non-estetis melubangi kotak amal jariah

Melihat lubang memasukkan uang pada kotak amal ini saya segera maklum: memang sukar membuat lubang pada kaca. Maka kaca penutup atas kotak ini terdiri atas dua bilah kaca, lalu pada salah satu sisi terpanjang masing-masing kaca dibuat coakan. Entah dengan cara apa.

Setelah kedua bilah kaca dijejerkan rapat, jadilah tutup dengan lubang di tengah sebagai mulut penampung uang sumbangan. Dari sisi fungsional tak soal. Namun dari sisi estetis, bagi tukang perabot maupun konsumen, kurang elok.

Saya punya pengalaman dua kali melubangi kaca dalam rentang dua belas tahun, pada 2006 dan 2018. Intinya, saya ingin melubangi dua lembar kaca cermin, masing-masing empat lubang di sudut, untuk memasukkan sekrup.

Total kopral biaya mengebor kaca di toko penjual, saya lupa ongkosnya, hampir setara harga kaca. Kata tukang saya, di mana-mana begitu. Sebagai tukang dia tak punya alat maupun keterampilan melubangi kaca. Padahal di mata saya dia itu tukang mumpuni.

Melubangi kaca, dengan lubang kecil maupun besar, ada alatnya, dijual bebas di lokapasar. Panduan caranya ada di YouTube. Tetapi saya yakin tak semua orang bisa, apalagi butuh meja kerja. Begitu pun dengan cara darurat, pakai alat non-standar, belum tentu mulus dan aman.

Jika salah penanganan, kaca bisa pecah. Kalau di toko, kaca pecah selama dilubangi menjadi tanggung jawab toko. Bahwa juragan akan memotong uang makan atau upah tukang, itu bukan wilayah kita.

2 Comments

Tinggalkan Balasan